Jumat 02 September 2022, 14:20 WIB

Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Pencapaian Keselamatan Kerja

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Pencapaian Keselamatan Kerja

Antara/Fransisco Carolio.
Sejumlah pekerja memakai helm dan perlengkapan perlindungan diri lain.

 

KESEHATAN, keselamatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH) merupakan suatu upaya perlindungan agar tenaga kerja selalu dalam keadaan sehat dan selamat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja, termasuk orang lain yang memasuki tempat kerja dan proses produksi berjalan dengan aman. K3LH diterapkan dalam usaha mencegah kemungkinan terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Kali ini kita akan membahas tentang keselamatan kerja. Berikut penjelasan tentang keselamatan kerja yang dikutip dari buku pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk SMK/MAK kelas X dengan penulis Hanifah Wijayanti dan Penerbit CV Putra Nugraha.

Pengertian keselamatan kerja

Keselamatan kerja merupakan keadaan seseorang merasa aman dan sehat dalam melaksanakan tugasnya. Aman dan sehat yang dimaksud mencakup keamanan dari terjadinya kecelakaan dan sehat dari berbagai faktor penyakit yang muncul dalam proses kerja. Keselamatan kerja merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi perusahaan terhadap pegawainya melalui serangkaian prosedur keselamatan.

Keselamatan dan kesehatan kerja dapat tercapai bila terdapat keamanan kerja. Keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materiil maupun nonmateriil. Keamanan kerja dapat diwujudkan dengan mengenakan berbagai perlengkapan keamanan. Perlengkapan keamanan di luar ruangan atau lapangan seperti baju kerja, kacamata, dan helm. Perlengkapan keamanan dalam ruangan seperti buku petunjuk penggunaan alat, rambu-rambu dan isyarat bahaya, imbauan, serta petugas keamanan.

Manfaat dan tujuan keselamatan kerja

Manfaat penerapan standar keselamatan kerja:

a. Terciptanya tujuan dari proyek sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.
b. Meminimalisasikan kerugian materi.
c. Tercipta suasana kerja yang harmonis.
d. Tingkat keberhasilan pekerjaan yang tinggi.

Baca juga: Pengertian Kesehatan Kerja, Unsur Penunjang, Jaminan Pemeliharaan, dan Hiperkes

Tujuan keselamatan kerja:

a. Melindungi tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukan pekerjaan dan meningkatkan produksi serta produktivitas nasional.
b. Menjamin keselamatan setiap orang yang berada di tempat kerja.
c. Sumber produksi dipelihara dan dipergunakan secara aman dan efisien.
d. Sasaran utama keselamatan kerja yaitu tempat kerja.

Cara pencapaian keselamatan kerja

Keselamatan kerja dapat dicapai melalui penerapan ergonomi, ergometri, otomatisasi, dan mekanisme peralatan perlindungan diri, waktu kerja, lingkungan kerja, serta faktor manusia yang berupaya melindungi tenaga kerja.

a. Ergonomi.

Ergonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ergon atau kerja dan nomos atau peraturan/hukum. Pada berbagai negara digunakan istilah yang berbeda-beda. Pengertian ergonomi secara umum adalah peraturan atau hukum kerja yang mengatur tenaga kerja, sarana kerja, dan pekerjaannya.

b. Ergometri. 

Ergometri adalah ilmu untuk mengukur kemampuan kerja atau pemakaian tenaga sendiri oleh pekerja untuk pekerjaannya dan daya kerja fisik maksimum dari tenaga kerja. Ketika bekerja, tenaga kimia dalam tubuh diubah menjadi tenaga mekanik dan panas dengan bantuan oksigen sebagai bahan bakar.

c. Otomatisasi. 

Otomatisasi adalah penggunaan alat alat mekanik untuk melakukan pekerjaan.

d. Peralatan perlindungan diri.

Peralatan perlindungan kepala seperti helm dan kacamata. Peralatan perlindungan Kulit dan tubuh seperti pakaian kerja, alas kaki, dan sarung tangan. peralatan perlindungan pernapasan yaitu respirator dan alat bantu pernapasan. Peralatan perlindungan pendengaran seperti ear plug, semi insert ear plug, dan ear muff. (OL-14)

Baca Juga

Dok The Body Shop

Plant-based Serum Dikembangkan Sebagai Alternatif Alami Perawatan dan Ketahanan Kulit

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 17:07 WIB
Produk kecantikan dengan bahan utama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (plant-based) juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit...
Antara

Atasi Kelangkaan Stok, Pemerintah Impor Ratusan Ribu Vaksin Meningitis

👤Jose Nicol (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Rabu 28 September 2022, 17:05 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan telah mengimpor vaksin meningitis meningokokus sebanyak 225 ribu vial melalui Bio Farma untuk mengatasi masalah...
Ist

Gandeng Tiga SMKN Pertanian, FIF Group Tanam 1.437 Pohon 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 16:48 WIB
FIF Group bersama Komando Resor Militer (Korem) 051/Wijayakarta (WKT) Cibitung menggelar acara penanaman pohon di kompleks Food Estate...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya