Senin 25 Juli 2022, 15:01 WIB

Pemanfaatan Dunia Digital untuk Menyebarkan Budaya Indonesia

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pemanfaatan Dunia Digital untuk Menyebarkan Budaya Indonesia

pexels.com
Ilustrasi

 

Budaya digital merupakan budaya Pancasila, di mana masyarakatnya yang heterogen dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan latar belakang budaya menjadikan Pancasila dan Bhineka Tungga Ika sebagai landasan kecakapan digital serta panduan karakter dalam beraktivitas di ruang digital.

"Wujudnya bisa dengan memproduksi konten dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan mengoptimalkan seluruh sumber daya digital," kata Pemeriksa Fakta Senior Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Bentang Febrylian di Jakarta pada Selasa (19/7).

Lebih jauh, dia mengatakan berbicara produksi konten budaya dalam kehidupan digital, maka dapat mengambil nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tungggal Ika yang dipaparkan dalam tiap sila. Sila pertama mengenai cinta kasih dan saling menghargai perbedaan, kemudian sila kedua mengenai kesetaraan, sila ketiga harmoni mengutamakan kepentingan bersama. Adapun sila keempat memberi kesempatan setiap orang untuk berekspresi dan sila kelima semangat gotong royong.

Bangsa Indonesia sendiri sudah memiliki modal untuk memproduksi konten budaya. Baik dalam bentuk foto, video, tulisan. Seperti kegiatan ritual keagamaan, pembuat konten harus menghargai kegiatan tersebut sehingga sebaiknya meminta izin terlebih dahulu. Konten budaya yang bisa menjadi ide dalam pembuatannya bisa berupa hal yang inspiratif, informatif, edukatif serta menghibur.

Namun juga jangan melupakan aspek tantangan dalam budaya bermedia digital, di mana netizen Indonesia sempat mendapatkan predikat buruk sebagai netien paling tidak sopan se-Asia Tenggara karena Digital Civility Indeks (DCI) menempati peringkat ke-29 dari 32 negara yang diteliti Microsoft 2020. Dengan penetrasi pengguna internet di Indonesia seharusnya masyarakatnya pun bisa lebih cerdas dalam memilah konten dan memfilter berita hoaks. (OL-12)

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Program Sampah Plastik Tukar Beras dari Sinar Mas Land Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:48 WIB
Plastic to Food merupakan bagian dari program edukasi cinta lingkungan Green Habit 2.0 yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land berkolaborasi...
DOK Pribadi.

Gender Studies Forum Bahas Kekerasan Seksual di Pendidikan Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:37 WIB
Kekerasan seksual merupakan masalah serius yang dapat terjadi kepada siapa pun serta kapan pun dan di mana...
ANTARA /Lukmansyah/YU

Penggantian Kurikulum Terus Menerus Sebabkan Pendidikan Indonesia Mandek 20 Tahun Terakhir

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:35 WIB
Program yang disediakan kepada peserta didik itu-itu saja tapi hanya berganti nama, sehingga tidak ada peningkatan mutu pendidikan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya