Kamis 21 Juli 2022, 15:02 WIB

10 Nama Malaikat yang Wajib Diketahui dan Tugasnya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
10 Nama Malaikat yang Wajib Diketahui dan Tugasnya

Ilustrasi
-

 

SEBAGAI negara penganut Islam terbanyak di dunia, dan juga negara yang berasas pada Ketuhanan yang Maha Esa. Penting bagi kita untuk memperdalam pengetahuan pada nilai nilai keagamaan. Salah satunya adalah dengan mengetahui malaikat yang ada di dalam agama Islam.

PENGERTIAN MALAIKAT
Malaikat merupakan utusan Allah SWT, malaikat berasal dari Nur (Cahaya). Manusia biasa tidak akan bisa melihat malaikat, hanya nabi, rasul yang bisa melihat langsung malaikat. Mempercayai malaikat masuk dalam rukun kedua.

Tujuan dari malaikat diutus adalah sebagai perantara dari perkataan Allah SWT, untuk mengingatkan manusia dan menyampaikan pesan Allah SWT, untuk itu mengapa kita harus mengimani malaikat, sebagai perantara Allah SWT.

نَزَلَ بِهِ الُّروْحُ اْلأَمِيْنُ عَلىَ قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ اْلمُنْذَرِيْنَ “Turunlah Ar-Ruhul Amin (Jibril) dengan membawa Al-Wur’an di hatimu, supaya engkau menjadi salah seorang dari pada orang-orang yang memberikan peringatan”. (asy-Syu’ara’: 193-194)

مَايَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلاَّ  لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ ”Tidak sesuatu perkataan yang dikatakan; melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti”. (Qaaf : 18)

SIFAT-SIFAT MALAIKAT
Malaikat itu tidak sama dengan manusia di dalam sifat-sifat dan pekerjaannya: bukan laki-laki dan bukan perempuan; tidak makan dan tidak pula minum; dan dalam keadaan biasa tidak dapat dilihat dengan mata kepala, malaikat-malaikat itu sebangsa Ruh saja.

NAMA-NAMA MALAIKAT
1. Malaikat Jibril
Tugas dari malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu Allah SWT kepada nabi dan rasulnya, Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir, maka wahyu yang disampaikan hanya berakhir kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Malaikat Mikail
Malaikat Mikail mempunyai tugas untuk memberi rezeki dan berkat kepada seluruh makhluk hidup di dunia, bukan hanya manusia, namun juga hewan dan tanaman. Selain itu, Mikail juga memiliki tugas untuk mengatur cuaca, hujan, kemarau.

3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil adalah malaikat yang diberi tugas oleh Allah SWT untuk meniupkan sangkakala di hari terakhir nanti. Hari yang menandakan kiamat sudah datang. Di hari itu, nantinya semua orang akan bangkit dari kematian.

4. Malaikat Izrail
Tugas dari malaikat Izrail adalah sebagai malaikat pencabut nyawa, apabila takdir seseorang sudah ditentukan, kematian tidak akan bisa dihindari. Malaikat Izrail bertanggung jawab untuk mencabut nyawa orang tersebut, apabila waktunya telah tiba.

5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar diberi tugas sebagai penanya di alam kubur nantinya, Malaikat Munkar akan bertanya mengenai kehidupan orang yang telah meninggal tersebut, keburukannya selama hidup. Malaikat Munkar dikisahkan membawa godam sebagai senjatanya.

6. Malaikat Nakir
Berbeda dengan Malaikat Munkar yang bertanya mengenai keburukan orang selama hidup, Malaikat Nakir bertugas untuk bertanya mengenai kebaikan orang selama dia hidup. Malaikat Nakir dikisahkan tampak lebih baik dan indah.

7. Malaikat Raqib
Tugas dari Malaikat Raqib adalah menulis amal dan kebaikan seseorang selama dia hidup

8. Malaikat Atid
Malaikat Atid memiliki tugas yang berbeda dengan Malaikat Raqib, apabila Malaikat Raqib menulis amal kebaikan orang selama dia hidup, Malaikat Atid menulis keburukan seseorang selama dia hidup.

9. Malaikat Malik
Malaikat Malik memiliki tugas untuk menjaga pintu Neraka, Malaikat Malik dikisahkan sebagai malaikat yang kuat dan tidak akan berbelas kasihan kepada penghuni neraka.

10. Malaikat Ridwan
Malaikat Ridwan ditugaskan untuk menjaga pintu surga, dia akan menyambut para nabi, rasul, dan orang orang yang masuk ke surga. Malaikat Ridwan digambarkan sebagai malaikat yang lemah lembut.

(OL-6)

Baca Juga

Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...
Antara

Cegah Kasus PMK Meluas, Pemerintah Impor 14 Juta Dosis Vaksin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:37 WIB
Pemerintah juga melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak sehat, namun berada di wilayah yang berstatus wabah...
Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya