Jumat 10 Juni 2022, 23:25 WIB

Kemenag Minta Gelang Identitas Jemaah Haji Tidak Dilepas sampai Pulang ke Tanah Air

Dinda Shabrina | Humaniora
Kemenag Minta Gelang Identitas Jemaah Haji Tidak Dilepas sampai Pulang ke Tanah Air

Kemenag
Infografis

 

KEPALA Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin menyampaikan kepada seluruh Jemaah haji untuk tidak melepas gelang identitasnya sejak diterima sampai pulang ke domisili masing-masing.

Akhmad menyebut gelang tersebut untuk memudahkan berbagai pihak untuk mengidentifikasi ketika terpisah dari rombongan atau tersesat.

“Pemerintah menghimbau kepada seluruh Jemaah agar memakai gelang identitas tersebut sejak diterima sampai di rumah domisili masing-masing. Jangan sampai tertukar dengan siapapun. Tidak diperbolehkan saling bertukar gelang identitas. Jangan menyimpannya karena takut hilang dan pahami data dan isinya,” kata Akhmad dalam konferensi pers Media Center Haji PPIH Pusat, Jum’at (10/6).

Disampaikan Akhmad bahwa gelang identitas itu terdapat enam kolom berisi data jemaah. “Kolom pertama asal embarkasi dan tahun keberangkatan. kolom kedua nomor kelompok terbang atau kloter. Kolom ketiga nomor paspor. Kolom keempat tulisan Jemaah haji Indonesia dalam bahasa Arab alhajjul indonesii. Kolom kelima nama Jemaah atau petugas sesuai nama di buku paspor dan kolom terakhir bendera Indonesia, merah putih,” imbuh Akhmad.

Diketahui gelang identitas merupakan tanda pengenal bagi Jemaah haji Indonesia yang telah dibuat sejak 1995. Selain gelang identitas juga ada atribut lainnya seperti seragam agar memudahkan Jemaah haji dan petugas saling mengenali dan tidak terpisah dari rombongannya.

“Gelang identitas telah diberikan oleh pemerintah Indonesia dari mulai tahun 1995 dan menjadi ciri khas Jemaah haji Indonesia dan petugas yang bahkan seiring berjalannya waktu diikuti oleh negara-negara lain,” tukas Akhmad. (Fer/H-2)

Riset dan Inovasi BRIN, Yan Rianto, dan Kepala Pusat Riset Teknologi Satelit, Wahyudi Hasbi. Hasil pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pembahasan konsep teknis terkait peluang kerja sama yang dapat dilakukan antara ICEYE dan BRIN. (H-2)

 

 

Baca Juga

Antara

Hari Ini, 15 Ribu Orang Terima Vaksinasi Kedua

👤MGN 🕔Minggu 25 September 2022, 22:57 WIB
Total 171.077.825 orang telah menerima vaksin lengkap per Minggu...
Antara

63,17 Juta Orang Sudah Divaksinasi Booster

👤Ant 🕔Minggu 25 September 2022, 22:26 WIB
Jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis penguat bertambah 44.853 orang menjadi 63.178.098...
ANTARA/Makna Zaezar

Pengamat Nilai Upaya Mendorong Inklusivitas Sudah Mulai Masif

👤Naufal Zuhdi 🕔Minggu 25 September 2022, 21:40 WIB
Muatan kurikulum memang belum banyak menjelaskan tentang inklusifitas, khususnya terkait penyandang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya