Kamis 26 Mei 2022, 13:10 WIB

Gandeng SMK Yappenda, Universitas Mercu Buana Implementasikan Kuliah Peduli Negeri

Mediaindonesia.com | Humaniora
Gandeng SMK Yappenda, Universitas Mercu Buana Implementasikan Kuliah Peduli Negeri

Dok.Mercu Buana
Kuliah peduli negeri Universitas Mercu Buana di SMK Yappenda.

 

ADA beragam cara yang bisa disumbangkan kampus untuk membantu pemerintah untuk memberikan edukasi pada masyarkat.  Seperti yang dilakukan Universitas Mercu Buana. Mereka bekerja sama dengan SMK Yappenda sebagai bentuk implementasi dari kuliah peduli negeri.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sharing session tentang public speaking, sehingga para siswa dapat mengikuti kegiatan lebih santai dan mudah dalam menyimak materi yang diberikan. Kegiatan ini mengusung tema 'Pentingnya Keterampilan Public Speaking, Guna Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum bagi siswa di SMK Yappenda'.

Acara yang digelar pada Senin (23/5) lalu itu dihadiri 31 siswa kelas XII dari setiap jurusan, terdiri dari Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, yaitu Ibu Dr. Elly Yuliawati, M.Si saat memberi sambutan mengatakan, kuliah peduli negeri merupakan implementasi dan kontribusi mahasiswa sebagai akademisi, yang memberikan keterampilan kompetensinya untuk kemaslahatan masyarakat.

Penyampaian materi kegiatan ini dipandu oleh dua orang mahasiswi Universitas Mercu Buana yakni Dini Meilinda dan Zahrotus Sholihah. Materi yang diberikan kepada siswa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan para siswa, khususnya siswa SMK Yappenda. Diharapkan ilmu dan pengalaman yang telah kami berikan dapat bermanfaat, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dunia perkuliahan atau dunia kerja,” ujar Dini Meilinda .

Proses kegiatan tidak hanya menyampaikan materi, melainkan ada sesi tanya jawab dan tantangan. Terdapat 3 siswa yang berani menjalani tantangan yang diberikan yaitu mempraktekkan public speaking dengan berbicara di depan peserta lain.

“Dari kegiatan itu dan materi yang diberikan membuat saya bisa menjadi orang yang percaya diri. Pada saat saya harus maju ke depan melakukan public speaking, saya merasa lebih percaya diri karena biasanya saya malu melakukan hal tersebut”, ucap Putri Annisa, salah satu siswi SMK Yappenda.

Lewat kegiatan itu, semua pihak yang terlibat merasakan antusiasme para peserta. Sehingga kegiatan dapat dinilai berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa tercapai dan memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana, pihak sekolah SMK Yappenda, maupun para siswa. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya