Senin 09 Mei 2022, 17:28 WIB

Menkominfo: Mudik dan Idufitri Momentum Menuju Fase Endemi

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Menkominfo: Mudik dan Idufitri Momentum Menuju Fase Endemi

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pelaksanaan mudik dan perayaan Idulfitri 1443 H merupakan momentum pengakhiran pandemi Covid-19.

Menurutnya, setelah sebulan umat muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan suci bulan Ramadan yang kemudian merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 H bersama dengan keluarga.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, namun aktivitas masyarakat berjalan dengan baik dan lancar. Ini hasil capaian yang luar biasa dari kita sebagai bangsa di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo dalam pengendalian pandemi Covid-19. Sehingga menjelang bulan Ramadan dan pada saat kita merayakan Idulfitri, pandemi Covid-19 terkendali dengan baik,” jelasnya dalam Temu Keluarga Besar Kominfo yang berlangsung hibrida dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (9/5).

Menteri Johnny juga mengapresasiasi masyarakat saat mudik dan untuk melaksanakan silaturahmi bersama keluarga yang tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kelancaran perjalanan mudik.

“Saya tentu berharap bahwa mudik kali ini menjadi indikator penting Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dan sebagai awal dari pengakhiran pandemi, awal dari kita menuju situasi lingkungan endemi Covid-19 di Indonesia dan di dunia,” ujarnya.

Baca juga: Luhut: Pandemi Covid-19 Terkendali Usai Lebaran

Menkominfo menegaskan di tengah situasi pandemi Covid-19 dan awal dari akhirnya pandemi, masyarakat telah diberi kesempatan yang luas untuk melepas rindu bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, handai-tolan di kampung halaman.

“Hari ini juga kita akan melaksanakan Halalbihalal keluarga besar Kominfo yang berarti kita bersilaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain, dengan harapan dihapuskan dosa-dosa antar sesama kita. Sekali lagi, silaturahmi adalah saling memaafkan dan saling menghapus dosa, saling memaafkan, dan saling membangun silaturahmi baru,” tandasnya.

Menteri Johnny menyatakan selamat memperingati Idulfitri 1443 H kepada seluruh sivitas Kementerian Kominfo.

"Saya ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah kepada segenap keluarga besar Kementerian Kominfo. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

Produktif dan Bermakna

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan silaturahmi dalam bingkai halalbihalal sesungguhnya sejalan dengan salah satu tugas Kementerian Kominfo, yaitu connect the unconnected. Namun demikian, perlu disadari bahwa menyediakan akses internet saja tidak cukup.

“Kita harus mengambil beberapa langkah lebih maju seperti meningkatkan literasi dan kecakapan digital, serta menjaga ruang digital dari hoaks dan konten negatif demi mewujudkan pemanfaatan teknologi digital yang tidak saja inklusif tetapi juga lebih produktif dan lebih bermakna,” ujarnya.

Sekjen Mira Tayyiba mengharapkan agar semangat silaturahmi dapat menjadi energo dalam menyelesaikan program kerja Kementerian Kominfo.

“Saya berharap silaturahmi yang dilaksanakan hari ini meskipun secara sederhana dapat tetap bermakna sesuai dengan keutamaannya. Sehingga energi positif dan keriang-gembiraan setelah berkumpul dengan keluarga di hari fitri terus dibawa dalam bekerja menyelesaikan berbagai program kerja dan target,” pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...
Frepik.com

Inovasi Deteksi Dini Tingkatkan Cangkupan Skrining Kanker Serviks di Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:49 WIB
Meski termasuk jenis kanker yang mematikan, ternyata risikonya dapat dicegah dengan pemeriksaan secara terpersonalisasi sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya