Selasa 12 April 2022, 16:03 WIB

Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Selenggarakan Lomba Debat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Selenggarakan Lomba Debat

Dok UPN Veteran Jakarta
Lomba debat UPN Veteran Jakarta bertajuk bertajuk Lomba Debat Hukum Nasional Veteran Legal Competition 2022.

 

Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta pada Minggu (10/4) menyelenggarakan lomba debat virtual bertajuk Lomba Debat Hukum Nasional Veteran Legal Competition 2022.

Dalam lomba ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mendukung Dies Natalis Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta. Sebanyak lima juri dipilih untuk mengawal lomba debat itu, mereka adalah Prof. Dr. Bambang Waluyo, SH.MH. (Jaksa Agung Muda di Kejagung RI), Dr. Yenti Garnasih, SH.,MH. (Dosen FH Trisakti dan Ketua Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi), Dr. Supardi, SH.,MH. (Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejaksaan Agung RI), Dr. Wardaniman Larosa, SH.,MH. (Advokat & Founder WLP Law Firm), dan Dr. Benny Harmoni Harefa, SH.,MH. (Dosen Hukum Pidana FH UPN Veteran).

Wardaniman Larosa menerangkan bahwa tema debat hukum kali ini mengangkat isu tentang Penjeratan Pidana Praktik Prostitusi Online dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. karena diyakini akhir-akhir ini maraknya penyakit masyarakat di bidang prostitusi online.

Prostitusi online dalam lomba debat itu menuai pro dan kontra diantara kedua tim yakni tim kontra mengharapkan ke depan pengaturan prostitusi online masuk ke dalam ranah hukum privat bukan lagi ke dalam ranah hukum publik karena praktik semacam ini didasarkan pada niat dan keinginan dari masing-masing pihak.

Sementara tim pro memiliki kesimpulan bahwa prostitusi online sudah tepat masuk dalam kejahatan pornografi dan cyber crime karena merugikan masyarakat dan nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia

Wardaniman Larosa menambahkan masing-masing peserta debat telah menampilkan argumentasi terbaik, logis, dan komprehensif dengan menerapkan asas-asas hukum, perbandingan penerapan hukum di negara lain serta mampu meyakinkan para dewan juri atas tema yang diangkat baik di sisi  Tim Pro maupun dari Tim Kontra, sehingga para dewan juri agak sedikit kesulitan dalam memberikan penilaian dan/atau menentukan pemenang di babak final ini.

Diharapkan melalui lomba debat ini prostitusi online semakin minim dan perlu adanya kesadaran masyarakat untuk tidak terlibat dan jauh dari praktik prostitusi online. (OL-12)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Perkembangan Teknologi Harus Dimanfaatkan untuk Perkokoh Nilai Kebangsaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:30 WIB
Daya adaptasi dan inovasi yang mumpuni dari setiap anak bangsa yang didasari nilai-nilai kebangsaan sangat dibutuhkan untuk menjawab...
ANTARA/Nova Wahyudi

Hari Ini 3.683 Jemaah dari 7 Kloter Diberangkatkan ke Arab Saudi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:15 WIB
Rencana keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 2, Minggu, (26/6) Juni 2022 akan diberangkatkan sebanyak 9 kloter dari 7...
Ist

Sandiaga Uno: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:42 WIB
Lokasi Desa Wisata Taman Loang Baloq cukup strategis. Dari Lombok International Airport Praya sekitar 30 menit menggunakan mobil menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya