Sabtu 09 April 2022, 20:35 WIB

Waktu Pendaftaran FSM Hingga 12 April

Budi Ernanto | Humaniora
Waktu Pendaftaran FSM Hingga 12 April

DOK IST
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kedua dari kanan).

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kembali mengingatkan para sineas di Tanah Air untuk segera mendaftarkan karya terbaiknya di FSM April ini.

Hal tersebut dia sampaikan saat melakukan Road Show Family Sunday Movie (FSM) di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

“Saya ajak semua sineas untuk mendaftarkan mahakaryanya di familysundaymovie.com karena masih ada waktu sampai 12 April nanti. Melalui film, kita bangkitkan ekonomi dan ciptakan lapangan kerja,” ujar Sandiaga.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta yang ingin mendaftar agar segera melengkapi syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh panitia FSM. Bagi dua film terpilih akan mendapatkan sertifikat, hadiah uang tunai, dan kit FSM. Poster dari 2 film terpilih juga dipromosikan di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi. 

Selain itu, 2 film terpilih akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan. Sandiaga juga menyebutkan, film dengan jumlah viewers terbanyak berhak mendapatkan hadiah tambahan berupa uang tunai.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga memberikan apresiasi kepada para sineas yang berpartisipasi di FSM seperti Wilson dan Jason, kakak beradik asal Surabaya yang mengangkat produk-produk ekonomi kreatif. 

“Ternyata dalam 1 film ini banyak banget yang diangkat produk ekonomi kreatifnya seperti kuliner, kriya, tas, fesyen, musik, dan lain sebagainya. Jadi film ini memang bisa membuka wisata-wisata lokal sebagai sektor utama ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

Wilson dan Jason, ikut berpartisipasi dalam FSM dengan membuat sebuah karya audio visual yang berjudul ‘Rentjana’. Dalam produksi film pendek ‘Rentjana’, kakak beradik ini membutuhkan 10 orang influencer dan 15 orang kru.

Baca juga: Kena Sanksi, Will Smith tak Boleh Hadiri Oscar Selama 10 Tahun

“Semua tim produksi film ‘Rentjana’ berasal dari Jawa Timur, dengan mengikuti FSM, saya ingin membuktikan kalau orang Jawa Timur juga mampu membuat produksi film yang luar biasa,” ungkap Wilson.

Dengan adanya karya-karya film seperti ini Sandiaga optimis pemulihan ekonomi nasional akan semakin cepat karena film adalah salah satu media promosi yang tepat bagi produk-produk ekonomi kreatif dan menciptakan banyak lapangan kerja.

Kagum dengan semangat dari para sineas muda seperti Wilson dan Jason, Sandiaga pun berharap FSM bisa mendorong sineas muda daerah untuk berani membuat karya kreatif yang keren-keren. 

Sementara bagi Jason, motivasinya mengikuti FSM ini karena ingin mengingatkan kembali kalau Indonesia juga punya film-film berkualitas. “Ingin mengingatkan kepada generasi muda kalau Indonesia punya kreasi dan produk-produk yang luar biasa, tidak kalah sama luar negeri,” ucapnya.

Melihat antusiasme Wilson dan Jason yang semangat berkarya, Sandiaga mengatakan lewat FSM inilah para sineas muda daerah bisa bebas berkreasi dan mendistribusikan karyanya. (R-3)

Baca Juga

ANTARA

Jalur Rempah 2022 Selesai, Laskar Rempah dan KRI Dewaruci Tiba di Surabaya

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:20 WIB
Hari ini 1 Juli 2022, KRI Dewaruci yang membawa pemuda-pemudi terpilih dari 34 provinsi akan tiba di Dermaga Madura, Koarmada II,...
dok.ist

Sandiaga Kunjungi Pelatihan UMKM di Malang Malah Dapat Dukungan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:42 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi pelatihan minuman kekinian di Batu, Malang, Jawa Timur, yang bisa...
Dok. LinkAja

Kolaborasi Dorong Literasi dan Digitalisaso Lewat PeDe Membangun Pendidikan Bersama LinkAja

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:40 WIB
Program PeDe Membangun Pendidikan Bersama LinkAja dikemas dalam bentuk kegiatan webinar berbagi ilmu oleh LinkAja dan mitra platform...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya