Rabu 23 Maret 2022, 07:10 WIB

Danone Perkuat Komitmen Jaga Kelestarian Air dan Kesehatan Masyarakat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Danone Perkuat Komitmen Jaga Kelestarian Air dan Kesehatan Masyarakat

DOK Pribadi.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang menjadi salah satu langkah pencegahan stunting perlu dilakukan oleh setiap rumah tangga.

 

AIR merupakan kebutuhan dasar yang penting terhadap keberlangsungan hidup manusia. Kebutuhan terhadap air dalam menyokong kesehatan masyarakat menjadi hal utama, termasuk penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk pencegahan permasalahan kesehatan kepada masyarakat dan stunting kepada anak. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang menjadi salah satu langkah pencegahan stunting perlu dilakukan oleh setiap rumah tangga dengan meningkatkan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi serta menjaga kebersihan lingkungan. PHBS bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan terutama penyakit infeksi yang dapat membuat energi untuk pertumbuhan teralihkan pada perlawanan tubuh menghadapi infeksi. Akibatnya, gizi sulit diserap oleh tubuh, dan terhambatnya pertumbuhan. 

Namun, Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, menyebutkan capaian akses air bersih yang layak saat ini di Indonesia mencapai 72,55%. Angka ini masih di bawah target Sustainable Development Goals (SDGs) sebesar 100%. Bertepatan dengan Hari Air Sedunia 2022 atau World Water Day 2022, Danone SN Indonesia kembali meneguhkan komitmennya dalam melakukan perlindungan terhadap alam maupun kesehatan masyarakat. Direktur Sustainable Development Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan bahwa sejalan dengan visi perusahaan yakni One Planet One Health, pihaknya percaya bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara alam dan kesehatan dari manusia. "Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi akan berpengaruh terhadap bumi yang kita tinggali saat ini. Untuk itu, kami berusaha melakukan berbagai inisiatif pelestarian alam termasuk perlindungan kelestarian air melalui berbagai inisiatif yang telah dijalankan secara multipihak," papar Karyanto dalam keterangan resmi, Rabu (23/3).

Dalam beberapa tahun terakhir, Danone memiliki berbagai program di antaranya Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) yang berada di dua lokasi yakni Taman Kehati Eroniti di Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Taman Kehati Telaga Inspirasi Nutricia-IPB, Bogor, dengan area seluas 20 hektare. Taman Kehati difungsikan untuk melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah sekaligus membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan akses air bersih melalui pengelolaan lahan terbuka hijau. Saat ini Taman Kehati memproteksi 35 jenis flora penting dan 10 spesies fauna di area Yogyakarta serta 39 jenis flora penting dan 130 spesies fauna serta konservasi untuk area Bogor. 

Taman Kehati Telaga Inspirasi juga melakukan konservasi ekosistem danau yang membuat airnya dapat dimanfaatkan sebagai akses air bersih 30.000 warga hingga penyediaan sarana air untuk keperluan pertanian dan peternakan. Untuk meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah maupun meningkatkan cadangan air tanah, Danone juga melakukan program penanaman pohon sejumlah 5000 pohon. Program ini merupakan bagian dari kegiatan restorasi lahan yang dijalankan di daerah di Kecamatan Bayat dan Prambanan, Yogyakarta.

Inisiatif Danone juga meliputi program Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan. Program ini dijalankan di beberapa daerah sasaran di Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat, mengurangi biaya untuk membeli air, dan meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan oleh ternak mereka. Salah satunya di desa Jemowo, Boyolali, Jawa Tengah, perusahaan membangun satu sumur dalam sebagai sumber air. Pengadaan sistem air ini akan menyediakan sekitar 11,68 juta liter air/tahun yang dipergunakan sebagai sumber air masyarakat untuk 100 keluarga atau sekitar 400 jiwa beserta ternaknya. Kegiatan lain yang telah dijalankan adalah rehabilitasi tangki air hujan masyarakat sebanyak 100 tangki untuk memanen air hujan.

Lebih jauh lagi, Danone melakukan serangkaian edukasi untuk meningkatkan kualitas pemenuhan dukung asupan gizi dan nutrisi serta kesehatan keluarga dan anak demi terciptanya Generasi Maju Indonesia. Program edukasi dijalankan melalui program Isi Piringku melalui pelatihan kepada siswa dan guru dalam lingkup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta orangtua dengan tujuan mengedukasi tentang pentingnya pemenuhan gizi seimbang dan budaya pola hidup bersih dan sehat dimulai sedini mungkin.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Keempat Berikan Sedikit Manfaat terhadap Infeksi Omikron

"Berbagai inisiatif ini juga menjadi cara bagi kami untuk mengajak masyarakat melihat lebih dekat tentang cara perusahaan beroperasi secara bertanggung jawab. Kami menerapkan prinsip aspek kesehatan dan lingkungan yang berkelanjutan. Kami mengharapkan program kelestarian air dan edukasi yang dijalankan dapat berdampak lebih luas lagi khususnya terhadap kesehatan masyarakat secara luas," tutup Karyanto. (RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Rommy Puji

Sosok Tjahjo Kumolo Panutan bagi Gubernur Waterpauw

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:57 WIB
PENJABAT (Pj) Guberur Provinsi Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw, M.Si mengenang sosok mendiang Menteri PAN RB, Tjahjo...
ANTARA/Irwansyah Putra

KLHK Luncurkan Aplikasi Pemantauan Karhutla secara Real Time

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:00 WIB
Sistem tersebut telah diuji coba secara langsung di wilayah Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Sumatra Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan...
DOK PT Asabri

Peringati HUT Bhayangkara, PT Asabri Program Pelestarian Alam

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 19:00 WIB
PT Asabri (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui aksi penanaman pohon di sejumlah kesatuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya