Jumat 18 Maret 2022, 09:45 WIB

KLHK Lakukan Uji Emisi pada 8.550 Kendaraan Bermotor di Jakarta

Atalya Puspa | Humaniora
KLHK Lakukan Uji Emisi pada 8.550 Kendaraan Bermotor di Jakarta

MI/VICKY GUSTIAWAN
Uji emisi kendaraan.

 

Dalam rangka implementasi peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2021 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan uji emisi pada kendaraan bermotor di 57 kantor kementerian/lembaga pusat yang berada di wilayah Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 8.550 kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, akan melalui proses uji emisi.

"Tujuan kegiatan uji emisi ini adalah untuk mengetahui tingkat ketaatan emisi kendaraan bermotor terhadap baku mutu emisi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama," kata Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sigit Reliantoro dalam keterangan resmi, Jumat (18/3).

Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat dalam merawat kendaraannya serta penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan.

"Secara teknis, uji emisi kendaraan bermotor antara lain untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin," imbuh Sigit.

Seperti diketahui, pencemaran udara merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi di wilayah perkotaan. Dari kegiatan inventarisasi emisi yang dilakukan di 28 kabupaten/kota oleh KLHK maupun pemda selama 2012 sampai 2021 menunjukkan bahwa 70% beban emisi di wilayah perkotaan dikontribusikan oleh kendaraan bermotor.

Dengan adanya kegiatan uji emisi tersebut, Sigit berharap pada tahun-tahun berikutnya kementerian dan lembaga dapat menyelenggarakan uji emisi secara mandiri dan rutin. "Perkantoran lainnya baik di Jakarta maupun di seluruh perkotaan Indonesia diharapkan dapat mereplikasi kegiatan uji emisi ini juga secara mandiri dan rutin," ungkap dia.

Uji emisi kendaraan bermotor, lanjut Sigit, diharapkan juga bisa menjawab tantangan terhadap upaya-upaya inovatif penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan kontributor perubahan iklim dari sektor transportasi. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

DPR Pesimistis Usulan Biaya Haji 2023 ada Penurunan

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:05 WIB
Iskan menyebut sejauh ini pembahasan soal desain anggaran perjalanan haji masih...
Ist/Sinar Mas Land

Pelatihan Program Berantas Buta Al-Qur’an 2022 Dikuti 150 Ustaz dan Guru Ngaji

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:17 WIB
Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca...
Ist/Sinar Mas Land

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:09 WIB
Di bulan suci ini, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menginisiasi sebuah program cara cepat membaca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya