Rabu 16 Februari 2022, 09:12 WIB

Rayakan Jeongwol Daeboreum, KCCI Perkenalkan Budaya Tradisional Korea

Basuki Eka Purama | Humaniora
Rayakan Jeongwol Daeboreum, KCCI Perkenalkan Budaya Tradisional Korea

Mi/Dok KCCI
Perayaan Jeongwol Daeboreum yang diadakan KCCI di Jakarta.

 

DALAM rangka memperkenalkan salah satu hari raya Korea, yakni Jeongwol Daeboreum, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) menggelar acara promosi budaya tradisional di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (15/2).

Acara tersebut bertujuan membantu masyarakat Indonesia memahami tradisi perayaan Jeongwol Daeboreum. Di hari acara, diperkenalkan makna dan asal muasal tradisi Jeongwol Daeboreum, serta ditayangkan pula video permainan tradisional dan permainan adat yang dimainkan pada hari raya tersebut, seperti misalnya ganggangsullae, jwibulnori, daljibtaeugi, dan lain sebagainya.

Selain itu, KCC Indonesia juga memperkenalkan makanan tradisional khas hari raya. Pengunjung dapat melihat ragam hidangan tradisional secara turun temurun yang disantap bersama keluarga. 

Baca juga: KCCI Gelar Kontes Akapela Lagu K-Pop untuk Remaja

KCC Indonesia juga menyiapkan ogokbab, makanan yang melambangkan bulan purnama. Sejumlah 500 porsi ogokbab dibagikan kepada para pengunjung yang hadir. 

Selain merasakan pengalaman berkaitan dengan makanan, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman kebudayaan berupa memecahkan bureom (untuk memohon kesehatan) dan menggantungkan kertas harapan pada daljib.

Acara ini adalah hasil kerja sama KCC Indonesia dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation(aT) cabang Jakarta. 

KCC Indonesia turut mempromosikan produk pertanian dan makanan olahan yang sering digunakan ketika hari raya di Korea, serta membantu produk pertanian Korea memasuki pasar Indonesia.

Bersamaan  di  hari  acara,  KCC  Indonesia  juga  menghadirkan  pameran dan pengalaman hanbok, serta menayangkan video hasil produksi KCC Indonesia bertajuk ‘Makna Hanbok’. 

Hal ini diselenggarakan dalam rangka untuk menyebarluaskan pemakaian dan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap budaya leluhur Korea, yakni hanbok dengan tepat.

Direktur KCC Indonesia, Kim Yong-woon mengatakan, “Selama 2 tahun lebih, kita semua lelah dengan kondisi covid-19. Bersamaan dengan itu, kami mengadakan acara tatap muka bertepatan dengan peringatan hari raya Jongweol Daeboreum untuk memperkenalkan budaya tradisional Korea dan mengajak masyarakat Indonesia sekalian untuk berdoa mengharapkan kesehatan serta kebahagiaan.” 

Beliau kemudian menekankan, “Acara ini kami selenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. KCC Indonesia mengadakannya sembari meminimalisir kontak para pengunjung dan berupaya semaksimal mungkin demi keselamatan bersama.” (RO/OL-1)

Baca Juga

Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...
Antara

40,5 Juta Masyarakat Sudah Divaksinasi Booster

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:37 WIB
Sebanyak 6.178.179 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 8.423.560 petugas...
MI/ Tri Subarkah

Sinar Mas Agribusiness and Food Ajak Masyarakat Garap Kebun Belakang Rumah

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:27 WIB
Ia berharap proyek Safe Water Garden (SWG) bisa meningkatkan pendapatan dan kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya