Minggu 16 Januari 2022, 15:45 WIB

Kominfo Manfaatkan Ekosistem Digital Sebagai Wadah Literasi

Gana Buana | Humaniora
Kominfo Manfaatkan Ekosistem Digital Sebagai Wadah Literasi

MI/ Rommy Pujianto
Menteri Kominfo (Menkominfo) Johnny G Plate

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) berkolaborasi untuk memperluas literasi digital di Indonesia. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memperkuat literasi digital di Indonesia khususnya untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan literasi digital menjadi salah satu program utama Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pihaknya akan turut menyuarakan topik tersebut di berbagai forum besar, seperti Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Baca juga: Kepala BNPB Minta Agar Perbaikan Faskes Segera Dilakukan

“Kerja sama terbaru ini akan berlaku untuk program-program kunci Kominfo, termasuk di antaranya Siberkreasi, BAKTI, dan Focus Group Discussion (FGD) dalam pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan literasi digital di kawasan Indonesia Timur,” ungkap Johnny dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (16/1). 

Sebelumnya, Kominfo dan Grab pernah bekerja sama melalui Siberkreasi untuk memberi pelatihan digital kepada lebih dari 12 ribu pengusaha kecil. Johnny menilai perusahaan teknologi merupakan mitra yang strategis untuk menerapkan program literasi digital.

“Grab antara lain karena memiliki ekosistem teknologi dan bisa menjangkau pengusaha UMKM di berbagai wilayah di Indonesia," ungkapnya.

Menurut dia, dalam kerja sama ini, Grab Indonesia akan memberikan akses ke beberapa fitur, layanan dan inisiatif yang ada di dalam ekosistem mereka untuk mendukung program literasi digital Kominfo.

Platform tersebut berencana menyelaraskan rencana mereka untuk meningkatkan keterampilan pengusaha UMKM dengan program kewirausahaan dan talenta digital dari Kominfo.

“Mereka juga akan melatih pengusaha di bidang kuliner agar bisa menggunakan layanan pesan-antar makanan di platform tersebut. Kerja sama ini juga diperluas untuk program beasiswa Digital Talent Scholarship, khususnya untuk Digital Enterpreneurship Academy,” jelas dia. 

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan, kolaborasi ini menargetkan para pengusaha kecil dan menengah di seluruh daerah, termasuk di wilayah Indonesia bagian Timur.  

“Sungguh kehormatan bagi kami telah dipercaya sebagai mitra strategis Kementerian Kominfo untuk menjalankan program sangat penting, yakni Peningkatan literasi digital di Indonesia,” ujar Ridzki.

Lebih lanjut Ridzki mengatakan, Nota Kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari berbagai program-program dan event yang telah sukses dilakukan antara kedua belah pihak. kolaborasi ini juga merupakan bukti nyata dari Grab Indonesia untuk mendorong ekonomi digital yang inklusif di tanah air.

“Salah satu contohnya yang sudah kami lakukan bersama adalah grab bekerja sama untuk mendukung program siberkreasi dari kominfo. Di mana kami berupaya untuk mendorong literasi digital kepada lebih dari 12.000 pengusaha kecil dan menengah di Indonesia,” jelas Ridzki.

Menurut President Grab Indonesia, kolaborasi ini juga sejalan dengan misi perusahaan Grab For Good, yaitu teknologi Grab untuk kebaikan. Dalam hal ini Grab Indonesia percaya bahwa teknologi yang dimilikinya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di tanah air.

Oleh karenanya President Grab Indonesia berterima kasih kepada Menkominfo atas arahan dan dukungannya selama ini terhadap program-program yang dijalankan bersama. Ridzki berharap, kolaborasi ini akan semakin membantu Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi digital yang lebih maju.

“Tentunya penting sekali juga meningkatkan ketahanan bagi bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di tengah ekonomi digital yang kian menggeliat,” tandas dia. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA/NOVA WAHYUDI

Pensiun Dini PLTU Batu Bara akan Mencegah Kematian Dini 14,5 Juta Jiwa

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:04 WIB
Untuk Indonesia sendiri diperkirakan sebanyak 110 ribu kematian dini dapat dihindari dengan penghentian operasi PLTU batu...
MI/HO

IDI Siap Berkolaborasi dengan Berbagai Lini untuk Mendukung Pemulihan Kesehatan Dunia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 25 Mei 2022, 12:32 WIB
IDI selalu siap menjadi mitra strategis pemerintah RI dan dunia dalam kemajuan layanan kesehatan di Indonesia serta membantu kerja sama...
MI/Atalya Puspa

Indonesia Siap Tawarkan Solusi Resiliensi Berkelanjutan di GPDRR 2022

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:53 WIB
Indonesia memang merupakan negara rawan bencana. Sepanjang 2022 saja, telah terjadi sebanyak 1.613 bencana di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya