Selasa 28 Desember 2021, 13:39 WIB

Kemenkes: Kasus Omikron Transmisi Lokal Tidak Bergejala

Atalya Puspa | Humaniora
Kemenkes: Kasus Omikron Transmisi Lokal Tidak Bergejala

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Kesehatan mengumumkan adanya satu temuan kasus omikron transmisi lokal di Indonesia. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, berdasarkan pemantauan, hingga saat ini tidak ditemukan gejala apapun pada pasien tersebut. 

"Kondisi dari yang bersangkutan sebenarnya tidak bergejala sampai hari ini. Kita mengetahuinya saat yang bersangkutan melakukan tes untuk melakukan perjalanan kembali ke Medan," kata Nadia dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (28/12). 

Baca juga: Cegah Penyebaran Omikron, Pemerintah Akan Percepat Vaksinasi Booster

Meskipun tidak bergejala, pasien akan diisolasi dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Sulianti Suroso. Pasalnya, pasien tersebut merupakan kasus pertama transmisi lokal omikron sehingga harus dilakukan pemantauan serta isolasi yang ketat. 

"Kita ingin memastikan kemungkinan penularan yang mungkin terjadi. Karena kita tahu fasilitas untuk RS jauh lebih baik daripada fasilitas di isolasi terpusat dan kita akan mempelajari pola-pola klinis dari omikron yang tertular dari transmisi lokal ini," beber Nadia. 

Ia menceritakan, pasien yang tinggal di salah satu apartemen di wilayah Jakarta Utara tersebut awalnya menolak untuk dievakuasi ke RS Sulianti Suroso. Namun, dengan bantuan pemerintah setempat, Polres dan Koramil, akhirnya pasien bersedia untuk diisolasi. 

"Jadi memang awalnya yang bersangkutan menolak untuk dilakukan evakuasi. Tapi saat ini sudah kooperatif dan sudah berkenan untuk melakukan swab ulang," ucap Nadia. 

Seperti diketahui, hingga kini Kementerian Kesehatan telah menemukan sebanyak 47 kasus omikron di Indonesia. Adapun, 46 kasus merupakan kasus penularan impor yang didapatkan dari warga negara yang baru pulang dari luar negeri. Sementara 1 diantaranya adalah kasus transmisi lokal yang kini masih terus dipantau penyebarannya. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Hasan Sakri Ghozali

15 Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Singkat dalam Bahasa Inggris

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:00 WIB
Dengan hari Tahun Baru, kita juga bisa semakin mendekatkan diri dengan kerabat dan juga...
Anggota TNI melihat jalur aliran lahar dan Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022).

Pakar Gunung Api Pertanyakan Sistem Peringatan Dini Saat Erupsi Semeru

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:45 WIB
Sistem peringatan dini sebaiknya dikeluarkan sedini mungkin sebelum erupsi terjadi sampai ke masyarakat, sehingga proses evakuasi lebih...
Ist

Rayakan Malam Tahun Baru, Bigland Hotel Bogor Gelar Carnival Land

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:03 WIB
BIgland Hotel Bogor kembali menyajikan perayaan meriah untuk seluruh tamu pada malam tahun baru, dengan memberikan penampilan yang seru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya