Rabu 08 Desember 2021, 14:22 WIB

Muktamar Nahdlatul Ulama Telah Ditetapkan Bahas Tiga Isu

Sri Utami | Humaniora
Muktamar Nahdlatul Ulama Telah Ditetapkan Bahas Tiga Isu

ANTARA/HO-Dok. BNPT
Ketua Komisi Bahtsul Masail Maudhu’iyah KH Abdul Moqsith Ghazali.

 

MUKTAMAR ke-34 dipastikan akan digelar pada 23-25 Desember di Lampung. Keputusan tersebut, menurut Ketua Panitia Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) Imam Aziz, merupakan keputusan final yang telah dirembukan dan melalui surat pemberitahuan.

"Iya insyaallah tanggal itu sudah diputuskan dan akan dilaksanakan di Lampung. Waktu persiapan memang singkat tapi kami akan optimal," ujarnya, Rabu (8/12).

Dalam muktamar tersebut nantinya tidak ada yang berbeda dengan muktamar sebelumnya. Isu yang dibahas pun sesuai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Komisi Bahtsul Masail Maudhu’iyah akan membahas tiga masalah dalam gelaran Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) mendatang. Ketiga itu adalah pandangan fikih terhadap orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), kedaulatan rakyat atas tanah, dan badan hukum.

"Tidak ada yang berbeda sama saja. Isunya yang dibahas juga sama tiga hal yang dibahas kemarin"

Sebelumnya Ketua Komisi Bahtsul Masail Maudhu’iyah KH Abdul Moqsith Ghazali dalam keterangannya secara daring bebetrapa waktu lalu menerangkan, setelah rapat lintas komisi dengan steering committee (SC) menyepakati ada tiga masail fiqhiyah maudhu’iyah (masalah fikih tematik) yang akan diangkat dalam Muktamar NU.

Salah satunya adalah pembahasan ODGJ yang telah sempat dibahas dalam Munas NU 2017 di Nusa Tenggara Barat.

"Sudah dibicarakan mengenai pandangan fikih Islam terhadap kaum difabel atau disabilitas. Ini penting dibahas karena ODGJ dari segi kuantitas jumalah cukup banyak. Ada yang memperkirakan jumlahnya sampai lima juta orang di Indonesia. Belum ditambah dengan orang yang disebut dengan difabel,” jelasnya. (Sru/Ol-09).

Baca Juga

MI/Irvan Sihombing

Menolong Karyawan tanpa Pandang Bulu

👤Irvan Sihombing 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
TINGGINYA penularan varian omikron di Jakarta akhir-akhir ini menerbangkan ingatan Nike Amelia Sari, 23, kembali ke pertengahan tahun lalu....
Ist/Perhumas

Perhumas Ikut Sukseskan Pertemuan G20 Lewat Indonesia Bicara Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:27 WIB
Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto mengatakan Perhumas juga ikut ambil bagian untuk mensukseskan pertemuan G20 melalui kegiatan...
Dok. Pahamify

Pahamify Pecahkan Rekor MURI untuk Peserta Try Out Daring UTBK Terbanyak 

👤Meediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:09 WIB
Pahamify memecahkan rekor atas pelaksanaan Try Out UTBK yang diikuti oleh 64.160 peserta se-Indonesia secara online pada 15 Januari 2022...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya