Rabu 01 Desember 2021, 13:55 WIB

Serial Daur Hidup, Kisah Tentang Kehidupan dan Penyintas Gangguan Jiwa

Iis Zatnika | Humaniora
Serial Daur Hidup, Kisah Tentang Kehidupan dan Penyintas Gangguan Jiwa

Dok Daur Hidup
Peluncuran film pendek Lahir, salah satu dari sembilan serial Daur Hidup yang akan tayang serentak hari ini, Rabu (1/12).

 

"Kenapa sih nggak cari pekerjaan yang jelas-jelas saja! Dasar anak nggak berguna!"

"Berani-beraninya kamu sembunyikan minuman ibu, tahu apa kamu! Sini kamu, anak nggak berguna!"

Teriakan Ibu (Dominique Sanda) itu berulangkali menghantui pikiran Omar Satria (Khiva Iskak), seorang aktor, yang juga penyintas gangguan jiwa. Tubuhnya bergetar, butuh panduan dari Bina (Shareefa Daanish) agar Omar bisa kembali menguasai  diri. 

Kisah tentang Omar dan perjuangannya menghalau kenangan negatif, bisikan dan halusinasi itu diangkat dalam film pendek Lahir, salah satu dari sembilan serial Daur Hidup yang akan tayang serentak di Vision+, hari ini, Rabu (1/12).

“Ini pertama kalinya kami mengeluarkan film seri yang memberikan pesan moral yang begitu mendalam. Kami mengharapkan ini dapat memberikan dampak positif sehingga kita selalu introspeksi dan semakin menghargai arti kehidupan yang sebenarnya sangat singkat,” ujar Managing Director Vision+ Clarissa Tanoesoedibjo.

Serial Daur Hidup, kata Clarissa, menjadi bagian dari komitmen mendukung rumah produksi lokal, seniman, serta para pelaku kreatif. Daur Hidup diproduksi berkolaborasi dengan Menjadi Manusia, komunitas yang menjembatani orang-orang untuk berkisah tentang perjuangan serta harapan mereka di berbagai platform. Aktor-aktor yang dilibatkan dalam serial ini di antaranya, Dhea Seto, Putri Ayudya, Lukman Sardi, Ben Joshua serta Mathias Muchus.

"Daur Hidup akan membuat penontonnya penasaran untuk menonton episode demi episodenya, karena series ini bukan hanya sekedar cerita tapi series ini adalah tentang kita," kata Clarissa.
 
Salah satu pendiri Menjadi Manusia Adam A. Abednego menyatakan pihaknya ingin menyebarkan pesan-pesan tentang makna kehidupan,  termasuk bagi mereka yang mengalami gangguan jiwa. Serial  ini akan mengupas siklus hidup manusia adalah lahir, tumbuh, berkembang, bertamu, berpindah, menetap, berkumpul, hingga berpulang. 

Tema-tema ini, kata Adam, mengupas banyak hal yang berhubungan dengan keseharian individu. Dalam kehidupan yang serba cepat, manusia cenderung berlomba sehingga lupa untuk menikmati proses dan waktu. Padahal, hidup bukan kompetisi. Adakalanya kita harus berhenti sejenak untuk menyadari apa yang terjadi di sekitar kita dan menghargai proses yang ada.   

Sutradara yang dilibatkan, di antaranya Putri Sarah Amelia, Wenda Theadora, Joan Elizabeth, Greg Soegono, Winnie Benjamin, Alvin Aprilianto Tan serta Bismo Triastiroadji. “Karena ini serial omnibus yang terdiri dari 9 episode dengan pemeran, sutradara dan kru yang berbeda-beda, tantangan terbesar adalah bagaimana memadukan masing-masing episode menjadi satu kesatuan cerita. Namun, proses pengerjaan dapat berjalan lancar melalui sinergi yang baik dengan segenap pihak yang terlibat." 

Lebih lanjut, berikut adalah 9 judul dan pemeran dalam Daur Hidup:
Lahir, mengangkat topik krisis eksistensial yang diperankan oleh Khiva Iskak, Shareefa Daanish, dan Dominique Sanda.

Tumbuh, bercerita tentang isu perundungan dan pertemanan bersama dua aktor cilik, yakni Gamaliel Eleazar dan Muzakki Ramadhan.

Berkembang, berisi kisah pencarian jati diri dengan menggandeng Kalya Islamadina dan Dhea Seto. 

Rumah, tentang keluarga dan gangguan kesehatan mental, yang diperankan oleh Putri Ayudya, Tubagus Ali, dan Vonny Anggraini. 

Bertamu, berkisah tentang sebuah hubungan percintaan, didukung oleh Jerome Kurnia dan Brigitta Cynthia. 

Berpindah, bercerita tentang melanjutkan kehidupan, bersama Taskya Namya, Fajar Nugra, dan Samo Rafael.

Menetap adalah film pendek tentang hal-hal kecil yang membahagiakan, juga ketidaknyamanan dalam rumah tangga, diperankan oleh Lukman Sardi dan Imelda Therinne.

Berkumpul, tentang rutinitas, eskapisme, krisis perempat baya, dan persahabatan, bersama Ravi Septian, Sheila Miranda, Laras Ardhia, dan Alyssa Abidin.

Berpulang, sebuah kisah kehilangan, didukung oleh Mathias Muchus, Ben Joshua, Fariz Nahdi, dan Anne Yasmine. (*/X-6)

Baca Juga

Ist

Sentra Vaksin Generasi Maju Bagi Dukung Percepatan Vaksinasi untuk Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 15:47 WIB
Kemenkes sangat menyambut positif kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19...
Antara

Change.org Sebut Kemendikbud-Ristek dan Kemenkes Paling Responsif Tanggapi Petisi

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 20 Januari 2022, 15:15 WIB
Kemendikbud-Ristek dan Kemenkes meraih penghargaan sebagai kementerian paling responsif menanggapi petisi yang ada pada platform...
Ist

Sertijab Pengurus Forum MWA-PTNBH, Syafruddin: Tugas Kita Menghasilkan SDM Unggul

👤Mediaidnonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:58 WIB
serah terima kepengurusan dari Komjen (purn) Syafruddin ke Prof. Dr. Tridoyo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya