Selasa 30 November 2021, 09:24 WIB

KLHK Anggarkan Rp20 Miliar untuk Pencegahan Karhutla di Kawasan Konservasi

Atalya Puspa | Humaniora
KLHK Anggarkan Rp20 Miliar untuk Pencegahan Karhutla di Kawasan Konservasi

ANTARA FOTO/Akbar Tado
Ilustrasi

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk melakukan penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kawasan taman nasional dan kawasan konservasi pada 2022.

"Kami menganggarkan Rp20 miliar dari yang tadinya Rp12 miliar. Angka itu munculnya dari data balai taman nasional dari KSDAE. Pementaan kita lakukan dari data karhutla yang terjadi lima tahun terjadi dan terindikasi terjadi di wilayah taman nasional," kata Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPR RI, Senin (29/11).

Bambang merinci, berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh KLHK, Indonesia memiliki 54 taman nasional dan 500 kawasan konservasi. Adapun, anggaran tersebut akan digunakan untuk memenuhi sarana dan prasarana untuk mencegah terjadinya karhutla di kawasan-kawasan tersebut.

Sejumlah sarana dan prasarana yang akan dipersiapkan antara lain yakni mobil tangki air, sepeda motor trail, pompa jinjing, pompa apung, selang, pompa punggung, sepatu pemadam, baju pemadam, sarung tangan anti api, dan handy talkie.

"Peralatan ini akan kami lihat kebutuhannya dari seluruh Indonesia dan kita sudah miliki datanya kawasan mana yang akan jadi prioritas. Nanti kalau harus kami tambah lagi bagaimana pemberdayaan masyarakat, akan kami sesuaikan," tutur dia.

Sebagai informasi, pada 2022 mendatang KLHK memiliki pagu anggaran sebesar Rp7,1 triliun. Dari jumlah tersebut sebesar Rp6,8 triliun akan digunakan untuk program-program di KLHK dan sebesar Rp304 miliar untuk program di Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya