Sabtu 13 November 2021, 21:09 WIB

Fakultas Psikologi Uhamka Kembali Gelar Kajian Keislaman

Widhoroso | Humaniora
Fakultas Psikologi Uhamka Kembali Gelar Kajian Keislaman

DOK Uhamka
Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka)

 

FAKULTAS Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka), Jakarta, kembali menggelar kajian keislaman. Kajian yang mengusung tema Ikrar Tauhid Untuk Keteguhan Hati seri ke-2 digelar secara daring, Kamis (11/11).

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Psikologi Uhamka Anisia Kumala dan Izza Rohman sebagai pemateri dalam kajian ini. Kajian ini membahas hubungan antara ketauhidan dengan hati dan jiwa manusia. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keimanan dan ketauhidan mahasiswa yang nantinya bisa menjadi bekal untuk terus beriman kepada Allah.

Dalam materi yang disampaikan, Izza Rohman mengungkapkan bahwa Al- Qur'an merupakan obat (syifa) bagi hati dan jiwa. Disebutkan jika hati dan jiwa sakit maka kehidupan yang dijalani tidak akan sempurna.

"Sebenarnya kunci dari meningkatkan keimanan dan ketauhidan kita dengan Al-Qur'an, karena di dalam Al-Qur'an sejatinya penuh dengan ungkapan-ungkapan zikir. Zikir itulah yang nantinya berpengaruh pada qalbu dan rasa iman kita," ujar Izza.

Dalam Kajian ini Izza Rohman juga menyinggung makna LaaIlaaHaillallah yang bermakna tauhid dalam Islam, menurutnya penegasanakan LaaIlaaHaillallah bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT. Ketika membaca Al-Qur'an menegaskan bahwa umat Islam dituntun untuk menyatakan komitmen ketauhidan.

Izza menambahkan, agar selalu berkomitmen berzikir dan taat pada ajaran tauhid yaitu dengan memprioritaskan Allah di dalam hati. "Zikir itu ada tiga yaitu zikir hati, lisan, serta organ (dengan tindakan seperti menolong orang lain). Dan untuk berkomit mendalam berzikir maka kita harus mengisi hati kita dengan Allah," tutur Izza.

Di sisi lain, Ilham Mundzir selaku moderator memberikan penutup dengan berharap agar kegiatan Ikrar Tauhid Untuk Keteguhan Hati ini dapat memberikan wawasan luas kepada peserta. "Saya harap, semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi ibadah untuk kita. Dan saya berharap juga audiens yang hadir mendapatkan wawasan yang luas dan hikmahnya," ujar Ilham. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Ist/Kemendes PDTT

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:16 WIB
Pengelolaan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan Kesehatan milik...
dok.ist

Kornas Santri Dukung Ganjar Tebar Kebaikan di 11 Provinsi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 09:30 WIB
SANTRI Dukung Ganjar kembali melakukan kegiatan berbagi kebaikan dengan memberikan sembako hingga nasi kotak kepada...
dok.Ant

Lima Tips Peserta UTBK-SBMPTN saat Hari H agar Sukses Tembus PTN Idaman

👤Faustinus Nua 🕔Senin 16 Mei 2022, 08:26 WIB
PELAKSANAAN UTBK-SBMPTN 2022 gelombang 1 akan dimulai pada Selasa (17/5). Dengan tersisa satu hari lagi, para peserta perlu mematangkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya