Rabu 06 Oktober 2021, 22:12 WIB

UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar dari Fakultas Ekonomi 

Mediaindonesia.com | Humaniora
UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar dari Fakultas Ekonomi 

Dok. UNJ
Pengukuhaan Guru Besar UNJ

 

FAKULTAS Ekonomi Universitas Negeri Jakarta mengukuhkan tiga guru besar, yaitu Prof. Dewi Susita sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen, Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, M.Si sebagai guru besar bidang Ilmu Ekonomi, dan Prof. Harya Kuncara Wiralaga sebagai guru besar bidang Ilmu Ekonomi. 

Pengukuhan ketiganya dilakukan di ula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ, Rabu (6/10) dan digelar secara terbatas serta hibrida melalui tayangan Youtube. Undangan yang hadir diantaranya Menteri Perindustrian 2005-2009 Fahmi Idris, Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo, dan Bupati Kabupaten Agam Andri Warman. 

Dalam orasi Ilmiah Dewi Susita yang mengangkat judul “Model Transformasi Perilaku Organisasi Menghadapi Tantangan Global”, disebutkan, globalisasi yang semakin meningkat, mengubah pola kerja organisasi di seluruh dunia. Perusahaan bekerja melintasi batas negara dan memaksa organisasi global untuk menemukan cara inovatif untuk terus terhubung secara global dalam rangka mempertahankan keunggulan kompetitif. 

"Untuk menghadapi tantangan global ini, maka diperlukan kualifikasi, strategi, dan model transformasi perilaku organisasi yang tepat. Dalam konteks ini, indikator keberhasilan manajemen dan pimpinan dalam melakukan transformasi perilaku ialah SDM dengan perilaku kerja yang penuh inovasi (innovation work behavior). Selanjutnya, organisasi yang mempunyai SDM inovatif diharapkan akan dapat membawa organisasinya berhasil menghadapi tantangan global," katanya. 

Sementaram Sri Indah Nikensari menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul “Strategi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Perdagangan Internasional”. Pada orasi ilmiahnya, Sri Indah menjelaskan mengenai potret pelambatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs melalui perdagangan internasional yang salah satunya diakibatkan oleh pandemi Covid-19. 

Terkait hal itu, menurutnya, diperlukan strategi yang tepat untuk menumbuhkan dan meningkatkan perdagangan internasional, salah satunya melalui strategi peningkatan ekspor. 

Baca juga : MBKM Respons Terhadap Tren Perubahan Dunia Ketenagakerjaan

Sedangkan, Harya Kuncara Wiralaga menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Mewujudkan Kredibilitas Fiskal dalam Rangka Pemulihan Ekonomi”. Pada orasi ilmiahnya, Harya memaparkan ada tiga tesis penting untuk mewujudkan kredibilitas fiskal dalam rangka pemulihan ekonomi, yaitu pentingnya keselarasan komunikasi kebijakan dari mulai perencanaan hingga pengambilan keputusan; merawat kepercayaan publik terhadap kebijakan fiskal guna mendukung pemulihan ekonomi adalah dengan memberikan kepastian, khususnya saat terjadi peristiwa yang di luar kendali. Salah satunya melalui inisiasi instrumen stabilisasi otomatis dalam kerangka kebijakan fiskal; dan membentuk dewan fiskal yang bertanggung jawab atas perkiraan ke depan besaran variabel fiskal yang kemudian menjadi rujukan bagi penyusunan APBN. 

Rektor UNJ Komarudin mengatakan, pengukuhan tiga Guru Besar Tetap UNJ merupakan rangkaian prosesi pengukuhan yang ke-5 dari 25 Guru Besar yang akan dikukuhkan pada tahun ini. 

"Pencapaian dan prestasi terbaik secara nasional ini, patut kita syukuri bersama dan semoga menjadi penguat tekad kita untuk meningkatkan kualitas dan mewujudkan visi UNJ menjadi kampus yang terbaik di Indonesia dan bereputasi di Kawasan Asia," ujarnya seraya memberi selamat atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan kepada tiga guru besar baru. 

Ia berharap dengan pengukuhan ini dapat memberikan motivasi dan spirit untuk terus berkarya, berkontribusi, memberi manfaat bagi UNJ, masyarakat, bangsa, dan negara 

“Itulah sumbangsih penting dari ketiga Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi UNJ yang dikukuhkan hari ini.” pungkas Komarudin. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok MI

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kaohsiung yang Wajib Dikunjungi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:49 WIB
Kaohsiung juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari Pier 2 Art Center, Cijin Island atau Pulau Cijin hingga...
Antara

40 Juta Masyarakat Sudah Terima Booster

👤Ant 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:14 WIB
Sebanyak 1.699.504 tenaga kesehatan (nakes) rampung menerima vaksin...
MI/Haryanto Mega

MPR Ingatkan Upaya Memperjuangkan Hak-Hak Masyarakat Adat Harus Konsisten

👤Putra Ananda 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:05 WIB
PERJUANGAN untuk meningkatkan kesadaran dan melindungi hak-hak masyarakat adat perlu didukung dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya