Jumat 24 September 2021, 20:03 WIB

Kemensos Catat 37.951 Anak Yatim akan Menerima Bantuan

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemensos Catat 37.951 Anak Yatim akan Menerima Bantuan

Ilustrasi
Asistensi Rehabilitasi Sosial untuk anak yatim

 

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) mencatat per 24 September 2021 sebanyak 37 ribu data anak yatim terkumpul untuk diberikan bantuan dalam program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

"Sampai hari ini sudah sampai 37.951 anak yang terlaporkan ke Kemensos artinya yang dikirim oleh daerah. Dan data tersebut akan kami verifikasi layak atau tidak, data ini setiap hari bergerak terus," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos Kanya Eka Santi saat dihubungi, Jumat (24/9).

"Untuk tahun ini sampai Desember yang sudah dibagikan per hari ini 1.079 anak sebesar Rp383 juta," tambahnya.

Kanya mengatakan program ATENSI merupakan program besar sehingga Kemensos memberikan bantuan harus tepat sasaran dan tidak ada eror artinya yang tidak layak mendapatkan bantuan ini lalu mendapatkannya.

"Untuk bisa memastikan itu data anak yatim yang telah dikirimkan oleh bupati, walikota, kepala dinas sosial dari seluruh daerah sesuai dengan surat dari Menteri Sosial diverifikasi oleh teman pendamping Kemensos, dinas sosial, balai lokal, UPT, pendamping PKH mereka melakukan validasi ke setiap anak yang dilaporkan sehingga tidak sembarangan. Setiap anak didatangi dan dicek kebenarannya termasuk NIK dan sebagainya," jelasnya.

Baca juga : Bupati Kendal Pastikan Bantuan Kemensos Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Selain itu Kemensos juga menanyakan kebutuhan anak tersebut apa karena kami harus bisa pastikan bahwa dan yang dikeluarkan/ditransfer akan sesuai dengan kebutuhan anak-anak.

Dirinya menceritakan masyarakat sudah menyadari kondisi pandemi yang sulit ini sehingga ada anak yatim dirawat oleh keluarga yang mampu tidak menerima bantuan dan meminta diberikan kepada anak lain yang membutuhkan saja.

Kanya menjelaskan karena data harus di kroscek secara langsung maka membutuhkan waktu lama dan ini untuk kepastian agar tepat sasaran.

Dihubungi terpisah Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori mendukung adanya program ATENSI untuk anak yatim. Nantinya penyerahan bantuan tersebut disampaikan dengan cara transfer.

"Penyaluran untuk program ATENSI nanti disalurkan dengan cara transfer kepada lembaga yang menangani anak yatim atau langsung ke rekening," ungkapnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Menko PMK: Penyiapan SDM Unggul Tak Hanya Fokus Usia Produktif

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:35 WIB
Perlu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya inklusi digital bagi lansia dan sekaligus memberikan pelindungan dari dampak yang...
Ist

Cinta Tanah Air, Penerbit Erlangga Gelar Festival Indonesia Menang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 11:37 WIB
Acara tersebut akan digelar Sabtu (23/10/2021) pukul 20.00-21.00 WIB dan disiarkan di stasiun TV nasional Metro...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter, BMKG: Waspada

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 11:25 WIB
Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten - Jawa Barat dan Samudra Hindia selatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya