Sabtu 11 September 2021, 11:00 WIB

Balai Besar BNPB Regional Sumatra Harus Didukung Multipihak

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Balai Besar BNPB Regional Sumatra Harus Didukung Multipihak

Dok. BNPB
Logo BNPB

 

PEMBANGUNAN atau peningkatan status dari UPT di Balai Besar BNPB Regional Sumatra dimaksudkan untuk menjadikan penanganan darurat bencana, khususnya di pulau Sumatra menjadi lebih efektif. Diharapkan dengan kenaikan status penanganan darurat bencana yang efektif dapat dilihat melalui 2 parameter yaitu waktu penanganan dan anggaran yang dibutuhkan.

"Dengan adanya balai besar BNPB ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan dukungan multipihak sehingga dapat menekan anggaran dan waktu operasi," jelas Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan dalam keterangannya, (11/9).

Lilik juga menambahkan, Balai Besar merupakan strategi dekosentrasi yang efisien untuk memberikan layanan pendukung yang bersifat kritis dan mendesak secara cepat dan tepat kepada daerah saat dibutuhkan.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto mengungkapkan apresiasi dan dukungan penuh timnya atas rencana naik kelas UPT tersebut. "Kami bersama tim mendukung penuh rencana UPT BNPB ini untuk bisa naik kelas dan menjadi pusat penanggulangan bencana regional Sumatra," kata Yandri.

Yandri mengatakan, pengembangan UPT menjadi Balai Besar ini perlu dukungan penuh baik dari sisi anggaran maupun SDM dari seluruh pihak yang terkait. "Fasilitas yang sekarang sudah mumpuni, namun dengan adanya peningkatan status maka perlu dukungan lebih, baik anggaran maupun SDM dari pihak-pihak terkait," jelas Yandri.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan akan menyediakan lahan untuk perluasan wilayah UPT BNPB yang akan berubah status menjadi Balai Besar. "Kami akan siapkan lahan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk perluasan wilayah sehingga dapat dibangun fasilitas-fasilitas krusial dan pendukung lainnya yang saat ini belum ada," ujarnya.(H-1)

Baca Juga

ANTARA/YUSUF NUGROHO

Unit Layanan Disabilitas Wujudkan Akses Pendidikan Inklusif

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:15 WIB
Lingkungan asrama pesantren secara representatif sudah bersih, nyaman, sehat, dan ramah...
AFP

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Kembali Normal

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 20:45 WIB
Kapasitas di dalam masjidil Haram dan masjid nabawi, kini diiznkan...
Dok Kemensos

Raih Medali Perak Paralimpiade, Mensos Apresiasi Ni Nengah Widiasih

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 20:31 WIB
Ni Nengah Widiasih akan berangkat ke George, Rusia, untuk kejuaraan Dunia Angkat Besi, sekaligus persiapan kejuaraan Paralimpiade di Paris,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya