Jumat 03 September 2021, 14:21 WIB

Positif Covid-19, Ternyata 91% Masyarakat Khawatir tak Dapat Obat

Atalya Puspa | Humaniora
Positif Covid-19, Ternyata 91% Masyarakat Khawatir tak Dapat  Obat

Ilustrasi
Positif covid-19

 

BERDASARKAN survei yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada Januari, sebagian besar masyarakat Indonesia takut tidak mendapatkan obat saat tahu dirinya terkonfirmasi positif covid-19.

"Ada satu pertanyaan yang diajukan, apa yang paling ditakuti saat anda terkonfirmasi positif covid-19, 91% mengatakan mereka takit susah cari obat," kata Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J. Vermonte dalam webinar bertajuk Menilik Implikasi Kebijakan Publik terhadap Aspek Sosial Masyarakat dalam Penanggulangan Covid-19, Kamis (3/9).

Philips mengungkapkan, hal tersebut kemudian harus menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, kelangkaan obat yang sempat terjadi beberapa waktu lalu tentu menimbulkan keresahan masyarakat.

"Ini yang menurut saya juga dari sisi pemerintah harus ada regulasi tegas agar menimbulkan kepercayaan pada masyarakat sehingga mereka patuh percaya pada pemerintah," ungkap dia.

Baca juga : Pemerintah Keluarkan Kebijakan Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Selanjutnya, Philip juga menekankan pentingnya penguatan sosialisasi terkait covid-19 kepada masyarakat lewat tokoh-tokoh masyarakat serta tenaga kesehatan. Pasalnya, berdasarkan survei yang dilakukan, 80% masyarakat mengatakan percaya terhadap informasi yang diberikan oleh tokoh masyarakat. Sementara, 90% masyarakat mengatakan bahwa mereka percaya terhadap informasi yang diberikan oleh tenaga kesehatan.

"Jadi menurut saya, sumber daya harus ditambahkan di puskesmas. Petugas kesehatan bahkan bidan karena masyarakat ternyata mempercayai aspek-aspek teknokratis dari covid-19 dan mereka percaya dari orang-oran tersebut," ucap dia. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. ITB

Keutamaan Penerapan LSWI sebagai Metode EOR

👤MI 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:10 WIB
BERDASARKAN laporan dari British Petroleum 2015, implementasi LSWI memerlukan biaya yang relatif...
Dok.  ITB

Smart-Water EOR Cara Cerdas Dongkrak Industri Migas

👤Asep Kurnia Permadi Kelompok Keilmuan Teknik Reservoir ITB 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:00 WIB
INJEKSI smart-water merupakan salah satu teknik perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery/EOR) yang semakin...
Dok. Kemendikbudriatek

Menjadikan Budaya sebagai Lumbung Pengetahuan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Selasa 07 Desember 2021, 00:05 WIB
Kelompok Sirel dari Jogjakarta hadir sebagai juara kategori Aplikasi. Sirel berhasil menjadi juara pertama dengan karya aplikasi pemindai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya