Jumat 06 Agustus 2021, 10:45 WIB

Pelaku Kekerasan Seksual Paling Sering Dilakukan Oleh Pacar

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pelaku Kekerasan Seksual Paling Sering Dilakukan Oleh Pacar

ANTARA/ Agung Rajasa
UNJUK RASA: Sejumlah aktivis menyampaikan aspirasi untuk pengesahan RUU PKS dan penuntasan kasus pelecehan dan kekerasan seksual.

 

PELAKU kekerasan seksual paling banyak dilakukan oleh pacar. Adapun jenis kekerasan seksual dalam ranah personal paling banyak dilaporkan terkait dengan perkosaan, persetubuhan, dan pencabulan.

Ketua Subkomisi Pengembangan Sistem Pemulihan Komnas Perempuan Theresia Sri Endras Iswarini mengatakan hal tersebut dalam webinar Pemenuhan Hak Korban Pemerkosaan Dalam Perspektif HAM Perempuan, Jumat (6/8).

"Pelaku kekerasan seksual terbanyak di ranah personal adalah pacar. Peningkatan signifikan untuk kasus kekerasan seksual dengan tren khusus pada kelompok rentan 8% meningkat di ruang personal dan 10% di ruang publik," ujarnya. Kelompok rentan tersebut ada perempuan dengan disabilitas terutama disabilitas mental, perempuan yang hidup dengan HIV, perempuan dengan minoritas seksual.

"Selain itu ada perempuan pekerja itu ada banyak sekali kasus pelecehan seksual yang kami terima kemudian ada juga yang dialami oleh para perempuan pembela HAM mulai dari slender, seksual bait," ungkapnya.

Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani mengatakan hasil kajian Komnas Perempuan dan Komnas Kajian Global bahwa pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) sudah tidak dapat ditunda lagi.

"Pengesahan RUU PKS merupakan mandat International Convention on Elimination of All Forms of Discrimation Againts Women (ICEDAW) demi penghapusan sistemik kekerasan seksual dan pemenuhan subtantif hak-hak korban pemerkosaan maupun kekerasan seksual lainnya," jelasnya.

Ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk mengukur tentang komitmen untuk menjalankan prinsip-prinsip dan norma-norma penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. "Selain itu juga menjadi momentum untuk meneguhkan komitmen kita bersama pada hak-hak konstitusional bagi warga termasuk bagi korban kekerasan seksual atas rasa aman dan perlindungan harkat dan martabat manusia serta bebas dari diskriminasi," pungkasnya. (H-1)

Baca Juga

Ist

Klinik Ini Bantu Perawatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

👤Eni Kartinah 🕔Jumat 20 Mei 2022, 19:09 WIB
Anak-anak dengan dengan keterbatasan fisik dan psikis membutuhkan perhatian khusus termasuk dalam masalah kesehatan...
Dok. Kemen PPPA

Provinsi Maluku Utara Deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 20 Mei 2022, 18:52 WIB
Di Provinsi Maluku Utara terdapat 2 kabupaten yang menjadi model DRPPA, yaitu Kabupaten Kepulauan Sula dan Pulau...
Antara/Dhedhez Anggara

Senator Aceh Minta Kemenag Lobi Arab Saudi Hapus Kebijakan Pembatasan Usia Jemaah Haji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 20 Mei 2022, 18:40 WIB
Kebijakan itu dinilai berdampak buruk bagi umat Muslim yang berangkat haji dari Indonesia, termasuk Aceh. Pasalnya, hampir 60% calon haji...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya