Senin 02 Agustus 2021, 07:56 WIB

Perpanjangan PPKM Level 1-4 Tunggu Pengumuman Pemerintah

Indriyani Astuti | Humaniora
Perpanjangan PPKM Level 1-4 Tunggu Pengumuman Pemerintah

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Pengendara melintas di jalur penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jakarta, Minggu (1/8).

 

PEMBERLAKUAN pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-4 di Jawa dan Bali dimulai pada 26 Juli 2021 dan akan berakhir pada hari ini, Senin (2/8).

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA menuturkan keputusan terkait diperpanjang atau tidaknya PPKM tersebut masih menunggu keputusan pemerintah dan akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM berakhir pada 2 Agustus 2021," ujar Safrizal, Senin (2/8).

Baca juga: Sedang Isoman? Jangan Lupa Rutin Evaluasi Kondisi

Kementerian Dalam Negeri, imbuhnya, beserta seluruh tingkatan pemerintahan, mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota hingga kelurahan dan desa, mendukung kebijakan apapun yang diambil presiden.

Kebijakan yang diambil pemerintah, ujarnya, mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan masyarakat namun tetap menempatkan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi.

Seperti yang telah diberitakan, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Penerapan PPKM Level 1-4 melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor Nomor 24 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua

Melalui Inmendagri itu, telah ditetapkan daerah-daerah yang melaksanakan PPKM level 1, 2, 3, dan 4 di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Jawa berdasarkan indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi covid 19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

Masyarakat, ujar Safrizal, diminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagai bagian dari penanggulangan pandemi. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Nakes Diserang KKB, IDI Minta Jaminan Keamanan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 17 September 2021, 16:23 WIB
PB IDI pun mengecam tindakan penyerangan oleh KKB terhadap tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang,...
ANTARA/ Dhemas Reviyanto

DPR Desak BPJS Kesehatan Mitigasi Dampak Pandemi Pada Kepesertaan JKN

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 17 September 2021, 15:45 WIB
Kemenkes dan DJSN diminta dapat memastikan bentuk kebijakan terkait implementasi Kelas Rawat Inap Standar dan Kebutuhan Dasar...
AFP/SAM PANTHAKY

Bahaya Kehamilan pada Pernikahan Anak bisa Menyebabkan Kematian

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 17 September 2021, 15:15 WIB
Karena banyak perkawinan anak dan banyak kehamilan pada usia anak maka stunting juga akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya