Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB

Produk Riset Permen Kayu Putih IPB akan diproduksi Massal

Zubaedah Hanum | Humaniora
Produk Riset Permen Kayu Putih IPB akan diproduksi Massal

IPB
Inovasi Cajuput Candy dari IPB University.

 

IPB University menjalin kerja sama dengan PT Sanggar Sehat Sejahtera untuk proses komersialisasi inovasi permen kayu putih 'Cajuput Candy'. Inovasi ini hasil riset Prof Hanny Wijaya, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB University.

Penandatanganan kerja sama dilakukan secara daring oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala Lembaga Kawasan Sains Teknologi (LKST) IPB University, Prof Erika B Laconi, Komisaris dan Direktur PT Sanggar Sehat Sejahtera, Ledyana C Sumitro dan William, pada 29 Juli 2021 lalu.

“Saya merasa bangga dan terharu setelah perjalanan yang sangat panjang dengan suka dukanya. Banyak sekali pengorbanan tapi juga kebahagiaan dari cajuput candy. Mudah mudahan dengan kerjasama ini tidak hanya melahirkan benefit dari sisi ekonomi, tapi juga benefit psychological bagi para dosen dan peneliti lain,” tutur Prof Hanny dikutip dari laman IPB University.

Sejak 1996, ia mulai mengembangkan produk pangan fungsional dari tanaman kayu putih sebagai permen pelega tenggorokan. Selain itu, cajuput candy juga berkhasiat sebagai anti caries gigi, anti sariawan dan anti bau mulut.

Kepala Lembaga Kawasan Sains Teknologi (LKST) IPB University Prof Erika B Laconi berharap kerja sama ini menjadi pembuka jalan bagi inovasi lainnya dari IPB University untuk dapat diserap industri.

LKST IPB University, katanya, akan menjadi wadah untuk menjembatani invensi menuju inovasi dan berperan mempertemukan peneliti dengan industri. Dengan langkah itu, sebut Prof Erika, inovasi yang dihasilkan di kampus akan dapat tersebar luas di masyarakat.

“IPB University akan terus menjalin kerjasama agar hasil karya inovator dapat terus berperan di masyarakat,” tuturnya.

Pada masa pandemi, lanjut Prof Erika, produk berbasis herbal kini menjadi salah satu yang dibutuhkan masyarakat. Karenanya inovasi cajuput candy ini diharapkan mampu memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Semoga setelah ditandatangani kerjasama ini, bisa langsung diproduksi,” sebut Prof Erika.

Hal senada disampaikan Prof Slamet Budijanto, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University. Ia mengharapkan momentum ini bukan menjadi kerja sama pertama dan terakhir.

Pasalnya dalam proses invensi menuju inovasi, tak mudah menemukan industri sebagai partner kerjasama. Langkah kerjasama dengan industri ini merupakan satu capaian yang luar biasa bagi peneliti.

“Bagi kami peneliti, jika ada satu saja invensi yang bermuara dan digunakan oleh masyarakat itu adalah capaian yang luar biasa,” sebut Prof Slamet.

Komisaris PT Sanggar Sehat Sejahtera William menyampaikan terima kasih atas kesempatan kerja sama yang sudah diberikan IPB University. Ia berharap kerja sama ini dapat berlangsung dalam jangka panjang.

“Terima kasih selama ini sudah mendukung untuk menjalin hubungan antara kami dengan IPB University. Tentu kita akan berusaha semaksimal mungkin dalam sisi bisnis, untuk melakukan promosi dan penjualan. Juga tentunya manfaat dari cajuput candy bisa dirasakan masyarakat luas, terutama di Indonesia,” kata Wiliam. (H-2)

Baca Juga

Antara

Pemerintah Genjot Vaksinasi Lansia di Sejumlah Provinsi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 17 September 2021, 17:49 WIB
Vaksinasi lansia penting untuk menurunkan risiko kematian lansia yang masih tinggi akibat...
Ist

Tiga Holding BUMN Jasa Survei Mengedukasi Mahasiswa Tentang Standar Sistem Mutu  

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 17:03 WIB
Edukasi ini bertujuan untuk memberikan awareness atau pengenalan ISO yang khususnya terkait Sistem Manajemen Mutu pada ISO 9001:2015 kepada...
ANTARA

Inilah Syarat Jika Ingin Mendonorkan Darah, Salah Satunya Jangan Begadang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 16:54 WIB
Ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi seseorang jika hendak mendonorkan darahnya, mulai dari kadar hemoglobin normal hingga larangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya