Rabu 21 Juli 2021, 22:45 WIB

Catat, Ini Rekomendasi 16 Aplikasi Pembelajaran Online Gratis

Nur Aivanni | Humaniora
Catat, Ini Rekomendasi 16 Aplikasi Pembelajaran Online Gratis

MI/Susanto
Aplikasi belajar online

 

APLIKASI pembelajaran online kini menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari. Terlebih lagi di masa pandemi covid-19 seperti saat ini yang pembelajaran dilakukan secara online.

Bicara soal aplikasi belajar, selain ruang guru, ada aplikasi apa saja yang kamu tahu? Ternyata ada banyak pilihan aplikasi pembelajaran online yang bisa digunakan loh. 

Berikut adalah 16 aplikasi pembelajaran online yang bisa kamu coba.

1. Rumah Belajar
Aplikasi belajar secara daring ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kemdikbud. Seperti dikutip dari laman belajar.kemdikbud.go.id, rumah belajar ini memiliki beberapa tool seperti laboratorium maya, sebagai pengganti laboratorium di sekolah. 

Adapun fitur lainnya, ada kelas digital, buku sekolah elektronik hinga karya bahasa dan sastra juga ada di aplikasi tersebut. Tentunya aplikasi rumah belajar ini dapat diakses secara gratis, baik oleh siswa maupun guru.

2. Kipin School 4.0
Aplikasi belajar yang satu ini diperuntukkan untuk siswa jenjang SD sampai SMA/K. Selain memberikan materi pembelajaran, aplikasi ini juga memberikan sistem ujian dan latihan soal sebagai tempat untuk berlatih. Ada ratusan buku yang diterbitkan Kemdikbud yang bisa diunduh. Adapun kelebihan aplikasi belajar ini adalah disertai latihan soal untuk mengukur kompetensi proses pembelajaran.

3. Meja Kita
Aplikasi ini bisa menjadi forum diskusi. Jadi, cocok buat kamu yang memiliki jiwa berorganisasi dan suka berdiskusi. Juga, kamu bisa mengajukan pertanyaan atau tanya jawab. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa jenjang pendidikan, mulai SD, SMP hingga SMA/K. Tentu saja aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

4. Media Belajar Online
Aplikasi belajar ini tidak sekedar sebagai media pembelajaran. Pasalnya, aplikasi ini juga menyediakan video pembelajaran, cocok buat kamu yang lebih senang belajar secara audio visual.

5. Icando
Aplikasi ini salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh Kemdikbud. Salah satu yang menarik dari aplikasi ini menyediakan minigames. Minigames ini membantu mengoptimalkan semangat belajar. Aplikasi ini diperuntukkan bagi anak-anak sekolah jenjang PAUD. Itu sebabnya banyak games yang sesuai dengan perkembangan anak-anak.

6. Cerebrum
Selain sebagai tempat pembelajaran, aplikasi daring ini memiliki penawaran lain, seperti tryout, consultation, rasionalisasi, infor dan penjurusan.

7. IndonesiaX
Aplikasi ini salah satu aplikasi yang sudah ada sejak 2015. Konsepnya adalah sistem kursus. Ada banyak para instruktur terbaik yang akan memberikan kursus belajar di dalam aplikasi ini. Tentunya, kursus ini gratis. Tujuannya adalah mengurangi disparitas dan kesenjangan dalam belajar.

8. Google for Education
Aplikasi ini memiliki beberapa layanan seperti chromebooks dan G-suite. Google merancang aplikasi ini untuk bisa diakses meski konektivitas internetnya rendah. Itu dilakukan agar mereka yang susah menjangkau jaringan internet super kencang tetap bisa mengaksesnya.

9. Brainly Indonesia
Aplikasi ini dapat diakses secara gratis di android maupun iOS, atau bahkan di web. Ada banyak pilihan mata pelajaran, setidaknya sekitar 25 kategori mata pelajaran untuk jenjang SD hingga SMA/K.

10. Kelas Pintar
Aplikasi ini memiliki kelebihan, yaitu memberikan ruang. Selain dapat diakses dan diperuntukan untuk siswa dan guru, ternyata ada personalisasi dashboard untuk orangtua juga.

Materi kurikulum yang digunakan pada aplikasi ini mengacu pada materi kurikulum 2013, jadi kamu tidak perlu khawatir terkait muatan kurikulumnya. 

Selain di Indonesia, aplikasi ini juga hadir di beberapa negara, seperti di Singapura, Afrika Selatan dan UAE.

11. NF Juara 
Aplikasi belajar ini menawarkan layanan tryout. Cocok buat kamu yang mendekati kelulusan. Semakin banyak belajar dan mengerjakan soal-soal tryout, tentu saja akan mengasah kemampuan untuk mengerjakan soal dan menganalisis soal. 

12. Microsoft Office 365 
Microsoft office juga mengeluarkan aplikasi belajar, bernama Microsoft office 365. Ruang kelas yang tersedia pun selalu diperbarui secara realtime, termasuk onenote, microsoft teams, word, excel dan powerpoint sekalipun.
Aplikasi ini dapat dinikmati oleh siswa dan guru. Syarat untuk bisa menikmati aplikasi ini adalah memiliki email terlebih dahulu. 

13. Quipper School 
Keunggulan aplikasi ini adalah lebih banyak memihak kepada pihak gurunya. Karena di sini guru bisa menilai dan mengukur kemampuan atau kelemahan-kelebihan dari siswa itu sendiri. 

14. Sekolahmu 
Aplikasi ini merupakan program belajar tanpa batas yang bisa diakses pelajar. Kelebihan dari aplikasi ini ada tool live streaming, di mana kita bisa belajar secara langsung. Live streaming dapat ditonton sesuai dengan jenjang pendidikan pengguna. 

Jika beberapa aplikasi lain hanya menyediakan untuk jenjang pendidikan tertentu saja, aplikasi ini meliputi banyak jenjang pendidikan. Jadi kita tidak perlu download aplikasi yang berbeda-beda. Aplikasi ini juga menawarkan program-program kurikulum sesuai kebutuhan.

15. Zenius 
Aplikasi zenius menawarkan metode belajar yang berbeda, yaitu bisa belajar bareng. Jenjang pembelajaran yang ditawarkan mulai dari SD, SMP hingga SMA/K. Di aplikasi ini, kamu juga bisa mengakses materi belajar untuk persiapan masuk ke Perguruan Tinggi loh.

16. Cisco Webex 
Aplikasi ini berbeda dari aplikasi yang lain. Jika aplikasi yang lain pengajar mengandalkan orang luar (bukan guru di kelas), di Cisco Webex ini guru menjalankan tugas seharusnya, yaitu mengajar.

Guru akan mengajar cukup dengan berinteraksi dan melakukan presentasi lewat komputer ataupun lewat smartphone. 

Kelebihan dari aplikasi ini sebenarnya memudahkan para siswa. Di sini siswa bisa mengirimkan pesan kepada guru. Aplikasi ini juga memberikan ruang diskusi dengan memanfaatkan fitur group. (OL-7)

Baca Juga

Antara

BPPT: Perlu Terobosan untuk Pacu Pemanfaatan EBT

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:49 WIB
Padahal, pemanfaatan EBT di Indonesia pada 2025 ditargetkan sebesar 23%. Namun sejauh ini, realisasi penggunaan...
DO Pribadi.

Le Minerale dan Pemerintah Dukung Ekonomi Sirkular di Indonesia Green Summit 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:44 WIB
Wirausahawan sosial dan perusahaan swasta berperan penting dalam pendekatan ekonomi...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Masyarakat Diimbau Jangan Ragu Jalani Isoman di Tempat Isolasi Terpusat

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:19 WIB
pada tempat isolasi terpusat yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah sudah siap dengan perangkat pendukung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya