Kamis 01 Juli 2021, 12:35 WIB

Tok! Presiden Tetapkan PPKM Darurat Jawa-Bali Selama 3-20 Juli 2021

Andhika Prasetyo | Humaniora
Tok! Presiden Tetapkan PPKM Darurat Jawa-Bali Selama 3-20 Juli 2021

Rumgapres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo secara resmi mengumumkan penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali sejak 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Langkah tegas tersebut dilakukan demi membendung penyebaran covid-19 yang tengah mengalami eskalasi dalam beberapa pekan terakhir.

"Saya ingin menyampaikan satu hal yang sangat penting bagi keselamatan kita semua. Seperti kita ketahui pandemi covid-19, dalam beberapa hari terakhir, berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara. Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah yang lebih tegas agar kita bersama-sama dapat membendungnya," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/7).

Kepala negara mengaku, sebelum mengambil keputusan tersebut, ia telah menerima berbagai masukan dari para menteri, ahli kesehatan dan kepala daerah guna memastikan kebijakan bisa berjalan efektif dan tidak merugikan masyarakat.

PPKM Darurat akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat dibandingkan yang selama ini sudah berlaku. Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menjelaskan teknis pelaksanaannya kepada publik.

Menurut Jokowi, pemerintah akan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mengatasi penyebaran covid-19. TNI-Polri, aparatur sipil negara, tenaga kesehatan akan bahu-membahu dan bekerja sebaik-baiknya.

"Jajaran Kementerian Kesehatan juga terus meningkatkan kapasitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, maupun ketersediaan obat-obatan alat kesehatan hingga tangki oksigen," janji mantan wali kota Solo itu.

Di sisi lain, ia meminta masyarakat untuk mengindahkan aturan yang diterapkan pemerintah, mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Saya minta masyarakat berdisiplin mematuhi peraturan ini demi keselamatan kita semuanya. Saya minta seluruh rakyat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan mendukung kerja kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi covid 19," tuturnya.

Dengan kerja sama yang baik dan atas ridho Allah SWT, presiden optimistis Indonesia bisa segera pulih dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal secara cepat. (H-2)

Baca Juga

Dok. Fresh Market Bintaro

Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Fresh Market Bintaro Gelar FMB IN ACTION untuk Pegiat Fotografi

👤Mediaindoneesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:36 WIB
Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi para penggemar fotografi untuk mengembangkan kemampuanya dalam dunia...
Antara/str-Nym. Budhiana.

Mengenal Teknik Pointilis pada Seni Rupa dan Langkah-langkah Membuatnya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:32 WIB
Salah satu teknik menggambar yaitu pointilis. Apa itu pointilis? Berikut penjelasannya.Salah satu teknik menggambar yaitu pointilis. Apa...
Mi/VICKY GUSTIAWAN

Bergerak Bersama Melestarikan Hutan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:05 WIB
Membangun lingkungan hidup sama artinya dengan membangun Indonesia. Tugas itu tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Karena itu, sekali lagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya