Selasa 22 Juni 2021, 23:41 WIB

Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Obat Herbal Asal Tiongkok Dinilai belum Beradaptasi

naturalpluspharma.com
Ilustrasi

 

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Prof. Dr (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, mengatakan obat herbal dari Tiongkok belum bisa diadaptasi di Indonesia karena tanaman obat asal negeri Tirai Bambu itu tidak tersedia di sini.

"TCM (Traditional Chinese Medicine/Pengobatan Tradisional Tiongkok), itu tanaman-tanaman obatnya tidak ada di Indonesia, jadi masih belum bisa (untuk diadaptasi di Indonesia)," kata dr Inggrid dalam diskusi daring yang dihelat pada Selasa (22/6).

Dia berpendapat, ketimbang menggunakan obat herbal tersebut, lebih baik para peneliti maupun pengembang obat tradisional di Indonesia mencari dan mengeksplorasi tanaman obat yang ada di nusantara.

"Kita memang harus cari dan eksplorasi tanaman obat yang tumbuh di Indonesia sebagai obat untuk COVID-19, untuk kemudian nanti diteliti dan dikembangkan," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, muncul berbagai temuan terkait obat tradisional Tiongkok dalam mengobati gejala COVID-19.

Jurnal yang dipublikasikan Phytotherapy Research, dikutip dari News Medical, mengatakan bahwa sebuah tim peneliti di Tiongkok – di Guangzhou University of Chinese Medicine dan Yunnan University of Chinese Medicine, baru-baru ini mengeksplorasi sifat terapeutik bubuk Yinqiao dalam mengobati gejala COVID-19.

Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) disebut memiliki sistem yang komprehensif yang memainkan peran kunci dalam pencegahan dan pengobatan penyakit menular. Beberapa provinsi di Tiongkok telah mengikuti rencana pencegahan dan pengobatan berbasis TCM untuk COVID-19, dengan hasil yang cukup baik. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Tari Ja'i dari Ngada Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Tenda

👤Palce Amalo 🕔Selasa 07 Desember 2021, 15:00 WIB
TARI Ja'i, tarian tradisional asal Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda...
DOK UNJ

UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 07 Desember 2021, 14:55 WIB
Universitas Negeri Jakarta kukuhkan tiga guru besar dari Fakultas Ekonomi dan Fakultras Ilmu...
AFP

BMKG Ingatkan Masyarakat Sumsel Waspadai La Nina

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 07 Desember 2021, 14:51 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Palembang, Wandayantolis mengatakan fenomena ini berpotensi akan bertahan hingga awal tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya