Minggu 30 Mei 2021, 20:52 WIB

Pendekatan Nutrisi Dalam Strategi Pencegahan dan Pemulihan Cedera

Widhoroso | Humaniora
Pendekatan Nutrisi Dalam Strategi Pencegahan dan Pemulihan Cedera

Dok Kachimeshi-Indonesia
Asupan nutrisi yang seimbang dibutuhkan terutama bagi para atlet.

 

NUTRISI merupakan aspek penting bagi kesehatan dan kinerja atlet secara umum. Pengetahuan tentang sumber energi dasar dapat memberikan informasi penting terkait kebutuhan atlet dalam mengantisipasi cedera dan bagi mereka yang mengalaminya. 

"Pendekatan nutrisi telah dianggap sebagai salah satu cara terbaik dalam pencegahan cedera, pemulihan, dan rehabilitasi. Di luar konsekuensi biaya, diakui atau tidak, cedera juga mengakibatkan beban mental dan fisik yang berat bagi atlet," ungkap nutrisionist Emilia Achmadi dalam keterangan yang diterima Minggu (30/5).  

Menurutnya, cedera yang dialami seorang atlet adalah hal normal dari suatu program latihan fisik. Menurut Emilia, tahap penyembuhan awal langsung terjadi setelah trauma cedera berakibat pada respon inflamasi. 

"Ini dapat berlangsung dari hanya beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada sifat cederanya. Peradangan atau inflamasi ini sangat penting untuk memulai penyembuhan yang optimal, karena proses ini berfokus pada penyediaan antioksidan dan antiinflamasi yang secara alami bisa didapat melalui pemilihan makanan," jelasnya.

Pada dasarnya, tambah Emilia, tujuan rehabilitasi nutrisi adalah menyediakan kalori dan protein yang cukup untuk membantu penyembuhan luka dan mencegah hilangnya massa tubuh tanpa lemak (lean body mass/LBM). Melakukan pengukuran antropometri secara teratur selama fase ini akan menunjukkan seberapa efektif proses penyembuhan tersebut, ungkapnya.

"Bahkan atlet dengan cedera yang lebih ringan semisal kram otot, atau cedera pergelangan kaki juga memerlukan perhatian nutrisi khusus," ujar nutrisionist peraih medali emas renang 50 meter gaya punggung putra SEA Games 2019, Siman Sudartawa tersebut.

Terkait pemberian makanan dengan nutrisi seimbang untuk Siman, jelas Emilia, dapat dilihat dari video yang bisa diakses melalui website www.kachimeshi-indonesia.com. "Ada juga informasi dan pedoman dari artikel lainnya mengenai pola nutrisi seimbang, karena pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang terutama untuk sistem imun tubuh kita di tengah pandemik ini," pungkasnya. (RO/OL-15)
 

Baca Juga

Antara

Update 7 Agustus: Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Hari Ini

👤MGN 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:33 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 750 sehingga menjadi 50.145...
DOK MI

Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:30 WIB
BERDASARKAN data Satgas Covid-19 hingga 7 Agustus 2022, kasus konfirmasi positif covid-19 bertambah sebanyak 4.279...
Dok Dompet Dhuafa

Eduwisata Ratusan Anak Yatim ke Sea World

👤Media Indonesia 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:10 WIB
ADA banyak cara berbagi kebahagiaan terhadap mereka yang kurang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya