Senin 24 Mei 2021, 22:38 WIB

Kebangkitan Generasi Muda Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2045

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kebangkitan Generasi Muda Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2045

Dok. Pribadi
Pelantikan DPP Gempar

 

VISI Indonesia Emas tahun 2045 yang sering disampaikan Presiden Joko Widodo membutuhkan peran serta generasi muda. Bahkan, generasi muda adalah kunci untuk mewujudkan hal tersebut. 

“Bonus demografi Indonesia terjadi lebih cepat, dimana berdasarkan sensus 2020 penduduk usia produktif kita sudah mencapai 70,72 persen. Jadi kalau generasi mudanya loyo, maka itu menjadi beban negara. Tapi kalau generasi mudanya bangkit, maka transformasi Indonesia menjadi negara maju akan bisa terwujud,” ujar Yohanes Sirait, Ketua Umum DPP Generasi Muda Pembaharu Indonesia (GEMPAR Indonesia).

GEMPAR Indonesia merupakan satu-satunya Organisasi Kepemudaan yang menyatukan pemuda Kristen dan Katolik.

Yohanes menyampaikan, perkembangan teknologi saat ini merupakan peluang untuk generasi muda berkembang lebih cepat. 

“Memang ada juga efek negatifnya, kita lihat banyak generasi muda terpapar radikalisme, hedonisme lewat media sosial. Tapi banyak sekali anak muda yang melakukan terobosan lewat media sosial dan teknologi,” tuturnya. 

Karena itu, generasi muda harus menggunakan beragam teknologi yang ada untuk mengembangkan kapasitas diri dan sekitarnya.

Yohanes mengapresiasi percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah selama 6 tahun terakhir. Namun yang tidak kalah penting juga adalah peningkatan kualitas SDM. 

“Infrastruktur merata, harga-harga sudah mulai sama di seluruh daerah, itu bagus. Sekarang saatnya memastikan, kualitas pendidikan yang diterima siswa di Jawa, sama dengan yang diterima putra-putri di Kalimantan, Maluku dan Papua. Sebab, bagaimanapun, yang paling utama adalah manusianya,” tegasnya.

Baca juga : ''Syuruq', Merek Pakaian Binaan BAZNAS Laku Keras di Pasaran

Karena itulah, GEMPAR Indonesia juga turut berpartisipasi dalam peningkatan SDM Indonesia. GEMPAR meluncurkan ALITEIA (Akademi Politik dan Ekonomi Indonesia) yang akan mendidik para generasi muda yang hendak terjun mapun sudah terlibat dalam pelayan publik.
 
“Kami melihat selain soal politik, aspek pendidikan ekonomi ini juga penting. Banyak legislator muda yang background bukan ekonomi, sehingga waktu ketemu APBN atau APBD, laporan keuangan, bingung. Akibatnya kurang maksimal dalam melakukan fungsinya, kita ingin terlibat dalam peningkatan kualitas SDM di aspek itu,” jelasnya.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengapresiasi terobosan yang dilakukan Gempar Indonesia. 

“Kemitraan antara Pemerintah dengan Generasi Muda Pembaharu Indonesia selama ini telah terjalin dengan baik dan untuk itu ke depan mari kita tingkatkan kerjasama ini,” ujar Zainut 

Dalam kesempatan tersebut, Zainut juga mengajak Gempar untuk terus mensosialisasikan moderasi beragama. Sebab, ekstrem kiri maupun kanan dalam beragama, merupakan ancaman bagi kerukunan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Romo Benny Susetyo mengapresiasi GEMPAR yang konsisten mensosialisasikan dan merawat Pancasila. Benny mengajak Gempar untuk terus mengkampanyekan dan mendorong terimplementasinya nilai-nilai Pancasila dalam kebiduoan sehari-hari. 

“Demokrasi Pancasila itu tidak mengenal tirani minoritas maupun tirani mayoritas, yang ada adalah keadaban yang dasarnya Ketuhanan yang Maha Esa. Maka nalar demokrasi yang dibangun dari keadaban Pancasila adalah bagaimana demokrasi itu menjunjung martabat manusia,” pungkas Romo Benny. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya