Senin 26 April 2021, 23:31 WIB

I Nyoman Nuarta Pamerkan Hasil Kontemplasinya di Masa pandemi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
I Nyoman Nuarta Pamerkan Hasil Kontemplasinya di Masa pandemi

Dok. Pribadi
I Nyoman Nuarta bersama karya yang dipamerkannya

 

MAESTRO pematung I Nyoman Nuarta memamerkan karyanya, termasuk karya hasil kontemplasinya di masa pandemi Covid-19 yang sudah terjadi satu tahun terakhir. Ia leluasa menarasikan keindahan atau sebaliknya kegundahan di balik sosok-sosok patungnya.

"Saya gelisah seperti semua orang di masa pandemi. Pertanyaannya sama, kapan ini akan berakhir. Tetapi kalau kita terus bertanya, tentu tak mendapatkan jawaban. Karena saya seniman, maka jawaban saya ada pada karya-karya ini,” ujar Nuarta dalam keterangannya soal karyanya.

Karyanya itu dipamerkan di Linda Gallery, Hotel Shangri-La dengan tajuk "Road To Beijing" yang menjadi pembuka dari persiapan untuk pameran utama tahun berikutnya di Beijing, Tiongkok.

Ada sembilan karya yang dipamerkan dari periode 2010- 2021 mulai dari “Sleepy Leopard II” (2010) sampai “Luh III” (2021).

Pada karya-karya yang terentang dalam periode 10 tahun terakhir, Nuarta mencoba membawa dirinya menyusuri perjalanan ke dalam diri.

Baca juga : Hari Kekayaan Intelektual,Aturan Royalti Diminta Diimplementasikan

Sosok-sosok yang tampak dalam “Borobudur VI” (2018), “Gelora III” (2017), “The Champ” (2021) atau “Circle of Life” (2019), termasuk “Anugerah II” (2020), dan “The Legend of a Horse” (2020), adalah sosok-sosok fisikal, tetapi sosok-sosok itu adalah representasi dari pencarian Nuarta menyusuri diri sendiri.

Ia berharap lewat pamerannya itu ia bisa membagikan kebahagiaan lewat karyanya di masa-masa sulit.

"Setidaknya lewat keindahan kita bisa menghadirkan kebahagiaan,” kata pria yang menciptakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Pulau Dewata itu.

Ia pun berharap Pameran di Beijing sebagai pameran utama dapat segera dihelat agar semakin banyak orang yang bisa merasakan kebahagiaan dari karyanya.

“Karya-karya sudah siap semua, tinggal pelaksanaannya, tetapi karena pandemi kita tunda. Semoga tahun depan bisa terlaksana,” tutup Nuarta. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Antara

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:10 WIB
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus...
Antara

RI Siap Jadi Tuan Rumah Hari Anti Narkoba Internasional

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:27 WIB
Rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2022 dimulai pada 19 Juni, dengan puncak acara jatuh pada 27 Juni. Kegiatan itu turut...
DOK Kemenko PMK

Kemenko PMK Gelar Penanaman Pohon Mangrove dan Sukun Di Pulau Tidung Kecil

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:15 WIB
Kemenko PMK kembali menggaungkan Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental berupa rangkaian penanaman mangrove dan sukun di Pulau Tidung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya