Minggu 04 April 2021, 20:36 WIB

Gereja Katedral Jakarta Gelar Tiga Misa di Minggu Paskah 

Nadine Utomo | Humaniora
Gereja Katedral Jakarta Gelar Tiga Misa di Minggu Paskah 

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Sejumlah umat Katolik berjalan usai beribadah Misa Paskah di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (4/4/2021).

 

GEREJA Katedral Jakarta telah selesai menggelar tiga sesi misa di hari Minggu Paskah (4/4). Misa berjalan dengan lancar dan khidmat, tanpa adanya gangguan. 

Sesi pertama misa digelar pukul 09.00 WIB secara daring, sementara misa tatap muka digelar pukul 11.00 dan 17.00 WIB. Selain tatap muka, umat kristiani juga dapat mengikuti misa secara daring melalui dua kanal Youtube, yaitu Hidup TV dan Komsos Katedral Jakarta. 

Di masa pandemi, Gereja Katedral Jakarta membatasi jumlah umat yang melakukan ibadah tatap muka, dari total kapasitas 1.500 orang, kini hanya 309 orang. Umat yang diperbolehkan hadir dalam misa yaitu yang berusia 18-59 tahun, dalam kondisi sehat, serta sudah mendaftar terlebih dahulu. 

Dalam momen Paskah tahun ini, Pastor rekan Gereja Katedral Jakarta, Romo Hani Rudi Hartoko, mengajak seluruh umat untuk tetap bersatu dalam keberagaman. 

"Kemarin ada hal istimewa. Pada hari Jumat, menara Gereja Katedral berwarna merah. Dan di saat yang sama, kubah Masjid Istiqlal juga (berwarna) merah. Bagi saya (hal) itu menarik. Kendati kita berbeda dalam banyak hal, tetapi kita semua sungguh satu, dan yang menyatukan kita adalah karena kita warga negara Indonesia," papar Romo Hani. 

Baca juga: Ucapkan Selamat Paskah, Anies Harapkan Kedamaian bagi Semua

Di tahun 2021, Paskah di Gereja Katedral bertajuk "Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat dan Semakin menjadi Berkat". Dalam menjalani Pekan Suci, Gereja Katedral telah menggelar misa untuk hari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Vigili dan Minggu Paskah. 

Pascateror yang terjadi di Makassar dan Jakarta, umat diimbau untuk terus membangun dialog dengan sesama, guna membangun kerukunan bangsa. 

"Keberagaman bukan ancaman. Kita dapat bersatu, dalam membangun kehidupan bersama, dalam kerukunan, toleransi, dalam semangat persaudaraan sejati," pungkas Romo Hani. 

Untuk menjaga pengamanan terutama saat Trihari Suci, Polda Metro Jaya mengerahkan 150 petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP. Pengamanan dilakukan di 6 titik Gereja. (A-2)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Gempa Banten, BMKG Sebut tidak Berpotensi Tsunami

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 14 April 2021, 14:33 WIB
Daryono menyatakan episenter terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya...
Antara/Ampelsa.

Korlantas Beberkan 333 Titik Penyekatan Arus Mudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 14:30 WIB
Pos penyekatan terbanyak ada di wilayah hukum Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa...
Antara/Aji Styawan.

Undip masih Favorit Peserta UTBK-SBMPTN 2021

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 14 April 2021, 14:17 WIB
Tahun ini jumlah peserta UTBK di Undip sebanyak 25.302...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya