Senin 29 Maret 2021, 13:01 WIB

Angin Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga Kabupaten Bandung

Atalya Puspa | Humaniora
Angin Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga Kabupaten Bandung

MI/Depi Gunawan
Warga Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung membereskan perabotan yang masih bisa terpakai pasca puting beliung menerjang

 

CUACA ekstrem berupa angin puting beliung terjang sejumlah permukiman warga Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/3), pukul 15.45 WIB. Fenomena ini mengakibatkan kerusakan rumah warga setempat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan berdasarkan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Bandung, peristiwa ini terjadi di Desa Cimenyan dan Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan.

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Bandung melaporkan kerugian material yang dialami oleh warga yaitu 298 unit rumah, 2 fasilitas pendidikan, 1 kantor desa dan 1 masjid.

"Di samping kerusakan, fenomena ini juga mengakibatkan 2 orang luka berat dan 3 orang luka ringan, serta pohon tumbang yang menimpa 2 unit mobil," kata Raditya dalam keterangan resmi, Senin (29/3).

Merespons kejadian ini, BPBD Kabupaten Bandung melakukan upaya berupa pergerakan menuju lokasi untuk melakukan pendataan bersama aparat setempat dan melakukan pemotongan atau evakuasi pohon tumbang yang menghalangi area jalan.

Baca juga: Puting Beliung Robohkan Pohon & Tiang Listrik di Bojongsari Depok

Masyarakat diharapkan tetap waspada dalam menghadapi cuaca ekstrem di daerah setempat. Fenomena angin puting beliung dapat terjadi saat pergantian musim. Diimbau pula agar warga terus memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG dan BNPB untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem dan bencana lain.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG pada 29 Maret 2021, wilayah Bandung berpotensi hujan ringan hingga sedang pada siang dan sore hari. BMKG melaporkan pada siang hari dan sore hari beberapa wilayah yang berpotensi ringan hingga sedang antara lain wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, Subang, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indramayu, Kota Cirebon, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Kota Banjar, Pangandaran dan Ciamis.

Sedangkan pada malam hari, wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga sedang seperti di sebagian wilayah Bogor, Kota Bogor, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang dan Kota Depok.(OL-5)

Baca Juga

medcom.id

Arti Tupoksi dalam Organisasi dan Contohnya

👤Meilani Teniwut 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:19 WIB
Tugas, pokok dan fungsi adalah sebuah tugas yang sifatnya paling utama dalam satu posisi di...
MI/Amiruddin A.R

Pupuk Urin Sapi Buatan Mahasiswa USK Raih Juara II LKTIN

👤Amiruddin A.R 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:00 WIB
MAHASISWA Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, meraih Juara II di Lomba Karya Tulis Ilmiah...
Medcom

Perempuan Rentan Jadi Korban Pinjol Karena Ketidaksetaraan Literasi Finansial

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 23:20 WIB
KEMENTERIAN Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan perhatian akan maraknya fenomena pinjaman online (pinjol)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya