Selasa 23 Maret 2021, 18:49 WIB

Perpustakaan Perguruan Tinggi Dituntut Lakukan Transformasi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Perpustakaan Perguruan Tinggi Dituntut Lakukan Transformasi

ANTARA/Makna Zaezar
Perpustakaan

 

PERPUSTAKAAN di perguruan tinggi diharapkan mampu bertransformasi di saat pandemi Covid-19. Dengan demikian, bahan bacaan yang dibutuhkan mahasiswa bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun berada.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Mariyah dalam Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2021 'Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi Dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural' secara virtual, Selasa (23/3). Menurutnya, Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memaksa perpustakaan Perguruan Tinggi mengatur layanan dan akses secara daring.

"Pandemi telah memaksa perpustakaan perguruan tinggi mengubah metode layanan yang sebelumnya luring menjadi daring. Perpustakaan harus dapat diakses mahasiswa kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

Ia mengatakan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pengadaan bahan bacaan, layanan, dan ekonomi Indonesia. Anggaran pengadaan bahan bacaan dikurangi karena dana dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Indonesia sendiri, saat ini menempati peringkat kedua negara dengan jumlah perpustakaan terbanyak dunia yakni 164.610. Dari jumlah tersebut, perpustakaan perguruan tinggi (PT) berjumlah 6.552 (3,98 persen).

Lebih jauh, Mariyah mengatakan penambahan jumlah dan jenis bahan bacaan di perpustakaan perguruan tinggi setiap tahunnya minimal 3% dari total koleksi yang ada. Mariyah menambahkan FPPTI dalam menyiapkan bahan bacaan menuju Program Perguruan Tinggi Menulis yang bertujuan pemeringkatan (World University Ranking).

"Lahirnya budaya menulis di kalangan perguruan tinggi perlu dilakukan tidak hanya dalam jangka pendek, namun juga untuk jangka panjang, sehingga budaya tersebut menjadi warisan yang akan terus dilahirkan oleh setiap generasi dan tulisannya bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," ungkap Mariyah dia. (RO/OL-15)

Baca Juga

Ist

Evermos Raih Internasional 3G Championship Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 05:59 WIB
Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya