Sabtu 06 Februari 2021, 21:47 WIB

Kebijakan Lockdown Akhir Pekan Tak Efektif Redam Penyebaran Korona

Atalya Puspa | Humaniora
Kebijakan Lockdown Akhir Pekan Tak Efektif Redam Penyebaran Korona

Antara
Ilustrasi

 

EPIDEMIOLOG Universitas Griffith, Australia Dicky Budiman menilai, kebijakan di rumah saja setiap akhir pekan yang dilakukan oleh sejumlah daerah di Indonesia tidak akan efektif untuk menurunkan jumlah kasus covid-19 di Indonesia.

"Kebijakan ini tidak akan signifikan berdampak karena masa inkubasi covid-19 kan 2 minggu. Kalau dimaksudkan memutus transisi, kebijakan ini tidak berbasis ilmiah yang kuat. Kalau mau begitu, minimal 2 minggu yang harus dilakukan," kata Dicky kepada Mediainonesia.com, Sabtu (6/2).

Ia mengatakan, pemerintah pusat maupun daerah harus memahami bahwa kunci dari pengendalian pandemi yakni dengan memperkuat 3T. 

Penguatan tersebut harus dilakukan dari fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas. 

Dicky mengusulkan agar setiap puskesmas memiliki klinik demam yang berfungsi untuk menjaring orang-orang yang menjadi suspek covid-19 untuk dikarantina sejak dini.

"Dengan adanya klinik demam, bisa kita jaring seawal mungkin suspek covid-19 untuk langsung testing dengan difasilitasi oleh pemda," tandasnya.

Deteksi dini, sambungnya, harus melibatkan banyak pihak, mulai dari kesigapan pemerintah hingga inisiatif masyarakat.

Selain itu, Dicky menyebut pemerintah juga harus segera merevisi UU nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Ia menyebut, UU tersebut kini tidak cukup akomodatif untuk diterapkan di Indonesia.

"UU tersebut harus jelas mengatur mana peran setiap sektor pusat dan daerah. Selain itu harus juga dibuat strategi PSBB atau lockdown sehingga tidak memberatkan. Ini harus secepatnya direspon utuk membuat revisi dengan melibatkan banyak pihak," imbuhnya.


"Dengan adanya daerah yang membuat kebijakan lockdown akhir pekan yang gak efektif, ini bukti bahwa mereka kehabisakn akal dan bingung apa lagi yang harus dilakukan," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha/aww.

Kasus Covid-19 Global Meningkat, Satgas: Waspada Libur Sekolah dan Idul Adha

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:55 WIB
Periode saat ini periode libur anak sekolah yang cenderung meningkatkan mobilitas masyarakat ke tempat-tempat wisata. Ditambah, mendekati...
Ist

Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Sebagai test publisher, Faxtor Indonesia terus berfokus dalam pengembangan alat ukur psikologi dengan tetap menjaga integritas...
Freepik

Aktivitas di Media Digital Perlu Kedepankan Etika

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:43 WIB
Segala aktivitas digital dan menggunakan media digital memerlukan etika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya