Kamis 04 Februari 2021, 20:53 WIB

Kepala Daerah Diminta Prioritaskan Vaksinasi Warga di Zona Merah

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Kepala Daerah Diminta Prioritaskan Vaksinasi Warga di Zona Merah

Antara
Luhut Binsar Pandjaitan

 

PEMERINTAH berupaya mempercepat program vaksinasi, termasuk dengan memerintahkan kepala daerah atau gubernur untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksin covid-19 di daerah zona merah untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity).

 

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan saat diskusi dengan para ahli epidemiologi soal pembahasan penanganan covid-19 secara virtual, Kamis (4/2).

 

"Jadi, gubernur telah diperintahkan untuk mempercepat herd immunity di daerah merah (penularan covid-19)," ujar Luhut.

 

Menurutnya, penyebaran virus tersebut rentan terjadi di daerah dengan populasi padat penduduk atau mobilitas masyarakat yang tinggi.

 

Luhut mengatakan, dengan adanya vaksinasi di daerah dengan populasi yang banyak, penurunan kasus covid-19 diharapkan bisa terjadi.

 

Pemerintah, ungkap Luhut, menargetkan sebanyak 60 juta penerima vaksinasi hingga pertengahan 2021. Untuk tahap pertama, vaksinasi covid-19 masih diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai prioritas penerima.

 

"Kita berharap sampai bulan Juli, kita bisa nanti vaksin 60 juta orang dari 180 juta orang (yang ditargetkan)," ungkap Luhut.

 

Terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan iisi pertemuan rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan dihadiri lima gubernur, Rabu (3/2).

Para gubernur yang hadir, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

 

"Diharapkan ada langkah-langkah yang sifatnya mikro di level terkecil, di lingkungan keluarga, tetangga. Upaya itu adalah inisiatif penanganan terbaik karena bisa menyeimbangkan perbaikan di sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat," ujar Budi. (OL-8)

 

Baca Juga

ourworldindata.org

Indonesia Catat Tambahan 1.614 Kasus Baru

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:30 WIB
KASUS Covid-19 di Indonesia kembali meningkat dalam beberapa hari...
DOK Perbanas Institute

Perbanas Institute Sediakan Rp2,5 Miliar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

👤Widhoroso 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:15 WIB
PERBANAS Institute Jakarta menyediakan beasiswa senilai Rp2,5 miliar untuk calon mahasiswa baru tahun...
AFP

Alissa Wahid Minta Petugas Bimbingan Ibadah Haji Perempuan Ditambah

👤Susanto  🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:15 WIB
Mengingat, 57% dari total jemaah haji tahun ini merupakan perempuan. Sementara itu, petugas bimbingan ibadah dari unsur perempuan relatif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya