Kamis 04 Februari 2021, 18:46 WIB

Luhut Kumpulkan Epidemiolog, Bahas PPKM Skala Mikro

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Luhut Kumpulkan Epidemiolog, Bahas PPKM Skala Mikro

Antara/Fikri Yusuf
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau program pelestarian terumbu karang.

 

WAKIL Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengumpulkan sejumlah epidemiolog untuk mencari masukan soal Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Dari rapat pembahasan, kalangan epidemiolog menyoroti permasalahan 3T, yakni tracing, testing dan treatment, dalam penanganan covid-19 di Tanah Air.

“Dari sekian kasus penyebaran covid-19, sebagian besar penularan tidak dapat terdeteksi asal usulnya. Sehingga, kebijakan 3T dalam testing dan tracing perlu ditingkatkan,” tutur Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Hariadi Wibisono dalam keterangan resmi, Kamis (4/2).

Baca juga: Kemenkes: Sementara, Jurnalis belum Jadi Prioritas Vaksinasi Covid

Hariadi menilai testing atau pemeriksaan covid-19 seharusnya bisa terjangkau oleh masyarakat. Baik dari segi biaya maupun jarak. Lalu, melibatkan seluruh unsur masyarakat di tingkat kelurahan atau keluarga. Tentunya upaya itu tanggung jawab pemerintah daerah untuk memperkuat testing.

Sementara itu, epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono berpendapat perlunya meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam penyelesaian pandemi covid-19.

Baca juga: Wagub DKI: Evaluasi PPKM dan Lockdown Diputuskan Pekan Ini

“Pemerintah dapat bekerja sama dengan seluruh mitra terkait, baik dari skala besar maupun kecil. Juga mitra swasta untuk menekankan kepada masyarakat terkait pentingnya penanganan pandemi,” kata Pandu.

Adapun Luhut menegaskan bahwa strategi pemeriksaan dan pelacakan (tracing) akan dilakukan lebih agresif dan tepat sasaran.

"Kita harus tingkatkan kembali strategi dalam penanganan covid-19. Untuk menyempurnakan dan meningkatkan kedispilinan dari berbagai cara yang telah dilakukan. Penyebaran informasi dan kampanye dapat bergerak secara masif," pungkas Luhut.(OL-11)
 

Baca Juga

Ist

Sandiaga Uno : Tingkat Kunjungan Wisatawan di Tanah Air Meningkat 30%

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 10:20 WIB
Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kali ini menyambangi Desa Wisata Semen yang berada di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar,...
ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Orangtua Diminta Isi Liburan Anak dengan Mengasah Kecakapan Hidup

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 09:30 WIB
Orangtua juga bisa mencari inspirasi agar masa libur sekolah bisa menjadi momen menyenangkan bagi anak walaupun hanya di rumah dan jauh...
MI/Dok BKKBN

BKKBN Kukuhkan Kasad Jadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni, Ardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:31 WIB
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, secara simbolik, menyematkan selendang Duta Bapak Asuh Anak Stunting kepada Jenderal Dudung, sekaligus menandai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya