Rabu 27 Januari 2021, 16:35 WIB

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi dan Rob di Perairan Utara Jawa

Zubaedah Hanum | Humaniora
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi dan Rob di Perairan Utara Jawa

Instagram
Peringatan gelombang tinggi dan rob dari BMKG

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob) di perairan utara Jawa (Pantura). Peringatan ini berlaku pada 27-29 Januari 2021.

"Angin dengan kecepatan cukup tinggi sebesar 9-46 km/jam yang berhembus konsisten di Laut Jawa mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang utamanya di perairan utara Jawa dengan ketinggian gelombang mencapai 2,5-4 meter," tulis BMKG dalam peringatan publik yang disampaikan di medsosnya, Rabu (27/1).

Bersamaan dengan itu, adanya aktivitas bulan purnama berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah, yaitu Jakarta Utara, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Menurut BMKG hal itu dapat berdampak pada terganggungnya kegiatan terutama pada sektor perikanan tangkap, transportasi, aktivitas petani garam, perikanan darat, serta bongkar muat kapal di pelabuhan.

"Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak banjir pesisir ini," kata BMKG.

Sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, gelombang dengan ketinggian hingga 4 meter juga berpeluang terjadi di Perairan Barat Lampung, Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Sumba, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga selatan NTT.
 
Serta di Selat Sunda bagian barat dan selatan, Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Laut Bali-Sumbawa, Selat Alas-Lombok bagian utara, perairan utara Sumba hingga Flores, Laut Flores, Selat Makassar, Perairan Kepulauan Selayar, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata- Leti, Perairan Kepulauan Babar-Babar-Tanimbar, Perairan Kepulauan Kai-Aru dan Laut Arafuru. (H-2)

Baca Juga

Antara

Permintaan Alat Kontrasepsi Modern Diprediksi Meningkat

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 September 2021, 10:05 WIB
HARI Kontrasepsi Sedunia akan diperingati pada 26 September 2021 mendatang. Seperti apa potret penggunaan kontrasepsi saat ini dan ke...
MI/Faustinus Nua

Kesadaran dan Apresiasi Terhadap Inovasi Anak Bangsa Masih Minim

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 25 September 2021, 09:40 WIB
Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, sektor pendidikan dan kebudayaan harus bersinergi dalam sektor...
ANTARA/ Feny Selly

Mahasiswa Dilibatkan Dalam Program Peduli Stunting

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 September 2021, 09:25 WIB
Peran dan keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi memiliki potensi dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, sekaligus mengaplikasikan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rivalitas Sengit Menjadi Panglima

PERSAINGAN antara KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto makin sengit.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya