Senin 07 Desember 2020, 18:55 WIB

Menko PMK: BPJPH dan MUI Tengah Siapkan Fatwa untuk Vaksin

Rahmatul Fajri | Humaniora
Menko PMK: BPJPH dan MUI Tengah Siapkan Fatwa untuk Vaksin

Antara
Vaksin Sinovac yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, minggu malam (6/12)

 

PEMERINTAH berencana memberikan vaksin Covid-19 sebagimana vaksin sinovac vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari China telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) malam.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, keberadaan vaksin di Indoensia ada beberapa lembaga yang berperan penting seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah selesai.

Saat ini menurutnya MUI pun telah membuat fatwa dan sertifikasi halal bagi vaksin tersebut. "MUI telah bekerja keras untuk memberikan fatwa," kata Muhajir dalam konferensi pers digital bertajuk Tindak Lanjut Kedatangan Vaksin Covid-19, Senin (7/12).

Baca juga: Dua Kali Mangkir, Polri Bakal Jemput Paksa Rizieq Shihab

Ia pun mengungkapkan dalam Islam vaksin termasuk kategori sesuatu yang darurat yang harus dihilangkan apapun caranya sehingga seandainya tidak ada satupun vaksin di dunia ini yang berstatus halal, maka bukan berarti tidak boleh dipakai.

"Jadi kalau statusnya tidak halal dengan maksud menghindari kegawatdaruratan maka bukan hanya boleh tapi wajib digunakan. Karena kematian kedaruratan harus disingkirkan menurut agama. Tetapi kalau ada vaksin yang berstatus halal maka itu harus dipilih," jelasnya.

Muhadjir pun menegaskan hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk turunkan angka kematian, mencapai kekebalan kelompok untuk kesehatan masyarakat keseluruhan mendorong produktfitas dan memalisir dampak negaitik terjadinya hibernasi ekonomi.

Dalam hal ini prioritas untuk mendapatkan vaksin ada pada orang yang berada di garis depan dengan resiko tinggi misalnya perawat, dokter, kemudian diberikan kepada kelompok pekerja seperto pedanggang pasar, pramuniaga dan sektor industri, karyawan dan lainnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist/DPR

Gus Muhaimin Minta Negara Genjot Stimulus Bagi Anak Muda

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 08:02 WIB
Gus Muhaimin, menilai generasi muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, baik dari segi jumlah, kemampuan serta energi yang bisa...
Ist

Dukung Amalia Rezeki Selamatkan Bekantan di Kalimantan dari Kepunahan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 07:54 WIB
Populasi bekantan terancam punah karena perburuan liar, kerusakan dan konversi habitat, serta kebakaran...
AFP/Nicolas Biver

Hujan Meteor Perseid Bisa Dilihat Mulai Malam Ini hingga Besok

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:15 WIB
Untuk dapat mengamati hujan meteor perseid tanpa alat bantu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya