Rabu 27 April 2022, 21:16 WIB

Satgas Ungkap Booster Sinovac Efektif Hadapi Covid-19

Kautsar Bobi | Humaniora
Satgas Ungkap Booster Sinovac Efektif Hadapi Covid-19

AFP/ CRISTINA VEGA RHOR
Ilustrasi vaksin Sinovac

 

JURU bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisamito menyampaikan keputusan pemerintah untuk menggunakan Sinovac sebagai salah satu vaksin dosis ketiga atau booster. Hal itu tentu telah melalui pertimbangan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

"Pemerintah berkomitmen menyediakan setiap dosis vaksin yang efektif serta aman," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (27/4).

Wiku menjelaskan penyedian booster Sinovac sama dengan jenis vaksin lainnya. Pemerintah, kata Wiku, akan menambah stok vaksin Sinovac untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap booster.

"Pemerintah akan menambah pasokan vaksin agar dapat menambah kebutuhan baik dari mekanisme pembelian, ataupun kerjasama bilateral," terangnya.

Baca juga:  Tiga Dosis Vaksin Sinovac Mampu Cegah Dampak Terburuk Omikron di Hong Kong

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menjadikan vaksin Sinovac sebagai vakasin dosis ketiga atau booster. Hal itu didasari adanya rekomendasi penyediaan vaksin halal dari Putusan Mahkamah Agung.

"Untuk itu masyarakat yang merasa nyaman untuk menggunakan vaksin Sinovac, kami membuka peluang vaksin tersebut untuk bisa digunakan juga sebagai vaksin booster," tutur Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Nadia menyebut, saat ini pemerintah telah menyediakan enam jenis vaksin, terdiri dari vaksin sinovac, sstrazeneca, pfizer, moderna, Janssen, dan sinopharm. Vaksin tersebut diperoleh dengan berbagai skema. Melalui pembelian langsung, kerja sama bilateral dan multilateral, skema hibah, dan covax facility.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...
ANTARA

Jenderal Dudung Perintahkan Jajaran TNI AD Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:51 WIB
Usai pengukuhan, Jenderal Dudung langsung memerintahkan jajaran TNI AD untuk juga menjadi Bapak Asuh Anak...
Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya