Selasa 24 November 2020, 13:39 WIB

Festival Dongeng Internasional 2020 Tetap Mengisi Rumah Keluarga

mediaindonesia.com | Humaniora
Festival Dongeng Internasional 2020 Tetap Mengisi Rumah Keluarga

Ist/Kemendikbud
FESTIVAL Dongeng Internasional Indonesia (#FDII2020) diadakan kembali.

 

FESTIVAL Dongeng Internasional Indonesia (#FDII2020) diadakan kembali. Festival dongeng terbesar di Indonesia ini diselenggarakan oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, sebuah komunitas sosial yang bergerak dalam kegiatan literasi anak.

Festival tahun ini mengambil tema "Dongeng Bahagia di Rumah". Digelar pada Senin - Sabtu, 23 sampai 28 November 2020, langsung dalam jaringan Youtube Ayo Dongeng Indonesia, Zoom, dan Instagram Live @ayodongeng_ind.

Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII), merupakan festival dongeng tahunan terbesar di Indonesia yang dimulai sejak tahun 2013. Festival  ini dilakukan sebagai upaya merawat tradisi penuturan cerita dalam keluarga dan masyarakat sebagai bagian budaya bangsa.

Hingga saat ini pertunjukkan  dongeng  Internasional  Indonesia  sudah  melibatkan  lebih  dari  20  pendongeng Internasional, 300 pendongeng Nasional, dengan target penonton 35 ribu orang

Perhelatan dongeng akbar ini memiliki pengaruh banyak pada kedekatan anggota keluarga. Setiap tahunnya FDII dilaksanakan di aula besar, agar bisa berjumpa langsung dengan para keluarga pecinta dongeng.

Panitia kegiatan FDII yang biasa disebut “penjaga mimpi”, juga selalu merasakan kebahagiaan, cinta dan haru dari para pendengar dongeng, baik anak–anak maupun orang tua. Namun, di tahun 2020 ini, FDII hadir dengan tampilan baru.

Apa saja yang dapat ditemukan di FDII 2020

Festival  Dongeng  Internasional  Indonesia  2020,  dalam  rangka  merayakan  Hari  Dongeng Nasional yang jatuh pada 28 November, di masa pandemi saat ini akan diadakan seluruhnya secara virtual dengan tema “Dongeng Bahagia di Rumah”.

#FDII2020 akan memusatkan program tahunan kami ke dalam “Cerita Bahagia di Keluarga”, yang akan membawa kita semua kembali kepada keluarga, berbagi cerita, berbagi bahagia.

Cerita dan keluarga, dua hal yang membuat siapapun bisa merasakan bahagia. Cerita kerap membuat hati kita hangat, entah itu cerita yang membuat leleh air mata atau cerita yang membuat pipi merona dan bibir senyum merekah.

Cerita dan keluarga, dua hal yang membuat siapapun bisa merasakan bahagia. Cerita membawa kita pada ruang-ruang tak berbatas, menembus imajinasi dan menciptakan inspirasi. Dari cerita, begitu banyak hal yang bisa didapatkan, dan pada cerita lah maka lahir bahagia. Sedangkan keluarga adalah rumah tempat hati kita bertambat. Keluarga menarik kita ke dalam saat kita butuh pelukan, juga melepaskan kita saat kita butuh meleburkan diri dengan dunia.

Maka pada cerita, pada keluarga, kita pun bersandar dan berlindung dari keadaan dunia yang terkepung pandemi saat ini. Pada cerita yang menenangkan dan menguatkan, kita bertahan dari ketakutan yang tiba-tiba menerpa. Pada keluarga yang selalu ada dan tak pernah lelah menjaga, kita mempertahankan diri dari kegelisahan yang meluas dan melemahkan.

#FDII2020 akan hadir untuk keluarga di rumah dengan jangkauan yang lebih luas, menggunakan media Youtube, Zoom dan Instagram. Selain lebih banyak orang yang bisa menikmati festival dongeng, penjaga mimpi telah mempersiapkan banyak tamu spesial selama acara berlangsung.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid, Ph.D. memberikan sambutan sekaligus membuka Festival Dongeng Internasional Indonesia  2020  pada  23  November  2020.  

Tamu  spesial  pada  FDII  2020  antara  lain pendongeng legendaris Indonesia, enam pendongeng internasional, pendongeng nasional, 60 pendongeng muda Ayo Dongeng Indonesia, dan beberapa bintang tamu, di antaranya: Andien, Mona Ratuliu, dan Dewi “Dee” Lestari.

Para pendongeng internasional yang akan hadir kali ini: Alicia Dong Joo Bang dari Korea Selatan, Wajuppa Tossa dari Thailand, Nor Azhar dari Malaysia, Jumaini dari Singapura, Simone Sales dari Filipina, Jeeva Raghunath dari India,  Ariyo Zidni dan Rona Mentari dari Indonesia dan masih banyak lagi.

Satu hal yang membuat special, acara FDII 2020 akan dilaksanakan selama 6 hari berturut – turut, mulai tanggal 23 November hingga 28 November 2020.

Rangkaian acara menarik akan disajikan berdasarkan jadwal berikut :
1.    Panggung Dongeng Pagi – Pagi
Panggung dongeng setiap pagi melalui Instagram Live dan Youtube. Sejak tanggal 23 – 28 November 2020.
2.    Panggung Piknik Dongeng
Panggung sore hari, piknik bersama cerita melalui Instagram Live dan Youtube. Sejak tanggal 23 – 28 November 2020.
3.    Panggung Dongeng Sebelum Tidur
Pertunjukkan dongeng istimewa, melalui Instagram Live dan Youtube. Hanya pada tanggal 28 November 2020.
4.    International Storytelling Showcase / Panggung Dongeng Internasional
Dongeng sore hari, khusus berbahasa inggris, melalui Instagram Live dan Youtube. Hanya pada tanggal 28 November 2020.
5.    Panggung Dongeng Sebelum Tidur untuk Remaja Dewasa – The NEST
Pertunjukan Dongeng khusus untuk pendengar remaja dewasa melalui Zoom dan Youtube menjelang malam hanya pada 27 November 2020.

Manfaat dongeng untuk tumbuh kembang anak

Sebuah studi tentang “Most Literate Nations in The World” yang dilakukan Central Connecticut State University (2016), menyebutkan bahwa Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara dengan minat baca Indonesia hanya 0,01%, atau satu dibanding seribu orang. Anak-anak lebih tertarik untuk melihat video hiburan dan bermain game online di gawai, daripada membaca buku dan menyimak cerita.

Ternyata di sisi lain, sebuah studi penelitian saraf di National Institute of Child Health and Human Development, Amerika Serikat, dipimpin oleh G. Reid Lyon, Ph.D., meneliti bahwa ternyata jika orang tua mendongeng atau membacakan cerita kepada anak sebelum tidur dapat meningkatkan perkembangan otak.

Dari penelitian tersebut, disempulkan bahwa dongeng tidak hanya sebagai sarana hiburan untuk anak-anak. Lebih dari itu, dongeng memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Anak-anak dapat melatih kemampuan analisis dan imajinasi ketika mendengar cerita, mereka juga akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak cerita sehingga mendorong minat baca mereka.

Manfaat dongeng yang sangat banyak, membuat para relawan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia senantiasa aktif dan konsisten untuk mengadakan Festival Dongeng Internasional Indonesia setiap tahunnya.

#FDII2020 terlaksana atas dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Danone Indonesia, Bank BNI, Kultural Indonesia, Room to Read, Provisi Education, Istituto Italiano di Cultura, Museum Nasional, Taman Bacaan Pelangi, dan Noura Books.

#FDII2020 juga secara penuh didukung mitra media kami yaitu Cosmopolitan FM, IRadio FM, POP  FM,  Metro  TV,  RTV  “Makin  Cakep”,  HaiBunda,  Mother  and  Baby Indonesia,  Mommies  Daily, Nakita.id,  KumparanMOM,  Bobo,  Mombi,  Kiddo,  Genpi.co,  Media  Indonesia,  Good  News  From Indonesia, Jpnn.com, Kompas.id, Koran Jakarta, Parenting is Easy, Roots, dan Hipwee, Medcom.id, Campaign.com, SekolahNews.com, dan Event Jakarta.

Tentang Ayo Dongeng Indonesia

Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) adalah komunitas sosial yang berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng bagi anak  di   Indonesia  untuk keceriaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi.

Komunitas ini berisi orang-orang yang senang dunia anak dan dongeng, dengan visi ingin menggiatkan kembali kegiatan mendongeng di rumah, sekolah, dan komunitas.

Sejak berdiri pada 2011, komunitas ini sudah memiliki sekitar 50 relawan aktif dan lebih dari 200 relawan pendukung yang siap mengampanyekan dongeng yang baik dalam kehidupan sehari-hari keluarga Indonesia.

Semangat AyoDI juga telah berhasil ditularkan sehingga mempelopori berdirinya berbagai komunitas dongeng di beberapa kota seperti Yogyakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Libur Akhir Tahun, RS Wisma Atlet Terima 400 Pasien Per Hari

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:50 WIB
“Hal ini tidak terlepas dari pasien-pasien positif covid-19 yang dikirim dari puskesmas atau rumah sakit lainnya ke Wisma...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:48 WIB
Saat ini pasien covid-19 dengan gejala mendominasi di RS Wisma...
Antara

Luhut : Mobile Lab Tes PCR Bakal Disebar ke Provinsi Lain

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, labotarium mobile tes PCR covid-19 buatan dalam negeri akan disebar ke provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya