Kamis 22 Oktober 2020, 23:42 WIB

Target Reputasi Asia, UNJ Genjot Jurnal Ilmiah Scopus

Syarief oebaidillah | Humaniora
Target Reputasi Asia, UNJ Genjot Jurnal Ilmiah Scopus

MI/Syarief Oebaidillah
Media Gathering UNJ

 

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) menargetkan menjadi kampus bereputasi tingkat Asia.Untuk itu, publikasi ilmiah internasional di jurnal terindex Scopus terus digenjot yang hingga kini mencapai 1.500 artikel.

“Kami berkomitmen meningkatkan kualitas menuju reputasi di Asia.saat ini sejumlah capaian ilmiah terus meningkat seperti publikasi internasional terindeks Scopus di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK mencapi 1.500 artikel,” ungkap Rektor UNJ Komarudin di kampus UNJ , Jakarta, Kamis (22/10).

Turut hadir empat Wakil Rektor UNJ yakni Wakil Rektor I Suyono, Wakil Rektor II Agus Dudung, Wakil Rektor III Abdul Sukur, Wakil Rektor IV Totok Bintoro, Kepala LP2M UNJ Muhammad Zid dan Kepala LP3 UNJ Ucu Cahyana.

Menurut Komarudin, dengan capaian 1.500 artikel Scopus itu per tanggal 14 Oktober 2020 menempatkan UNJ pada peringkat empat pada klaster perguruan tinggi LPTK. Adapun peringkat pertama Universitas Negeri Malang dengan 2.542 artikel, peringkat kedua Universitas Negeri Yogyakarta 1.902 artikel, Universitas Negeri Semarang 1563 artikel.

“Saat ini sekitar 300 lebih artikel untuk terindeks Scopus sedang diproses,” ujar Komarudin.

Capaian UNJ lainnya adalah perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI ) sebanyak 1.733 dari Science andTechnology Index (SINTA) Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) .

Baca juga : 40 Mahasiswa Raih Penuh Program Beasiswa 8 Miliar Algoritma 2020

”Capaian HKI dari SINTA Kemenristek BRIN ini menempatkan UNJ pada peringkat 4 nasional dibawah UI sebanyak 3.122 HKI, Universitas Brawijaya 2.612 HKI, dan UGM sebanyak 2.593 HKI,” papar Komarudin.

Prestasi berikutnya, pada pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 di Indonesia oleh Kemendikbud, UNJ berada pada peringkat ke 20 naik signifikan dari tahun 2019 yang berada pada peringkat 59.

Namun begitu, Komarudin mengungkapkan, ditengah capaian yang positif tersebut ,akibat tahun 2015 UNJ terkena masalah kasus plagiarisme oleh temuan tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) Kemenristek Dikti sehingga akreditasi UNJ masih berada pada akreditasi B.

“Kendati UNJ berhasil meraih peringkat 20 pada klasterisasi perguruan tinggi nasional tahun 2020 namun akreditasinya masih B sementara perguruan tingg lainnya berakreditasi A. Hal ini akibat 2015 terjadi kekeliruan tata kelola yang kini kami perbaiki. Kami akan ikuti aturan pemerintah atau Kemendikbud yang berlaku memasukan kembali proses perbaikan akreditasi yang sesuai standar bahkan dapat melampaui standar,” paparnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Abdul Sukur menambahkan sejumlah capaian mahasiswa dan alumni UNJ menembus prestasi tingkat dunia yakni pada ajang Asian Games 2018 di Indonesia meraih 6 medali emas 5 medali perak 3 medali perunggu, lalu Sea Games di Filipina 2019 meriah 3 medali emas..

Selanjutnya pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Provinsi DKI Juara nasional atas kontribusi mahasiswa UNJ . peraih terbanyak medali.(OL-7)

Baca Juga

Youtube/MediaIndonesia

Dampak Pandemi bagi Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:14 WIB
Ketika pandemi Covid-19  hadir dan merubah segala aktivitas manusia, puisi turut mengalami perkembangan serta dapat pula menjadi...
PKN

Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Dibuka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:45 WIB
Pelaksanaan PKN 2021 akan dimulai pada 19-26 November 2021 secara daring di website...
MI

KPAI Diminta Umumkan Data-Data Anak yang Bocor ke Publik

👤Atalya Puspa 🕔Senin 25 Oktober 2021, 23:35 WIB
KEBOCORAN data anak di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tidak cukup hanya dengan melaporkan ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya