Rabu 19 Agustus 2020, 22:27 WIB

Kemendikbud Galang Kolaborasi Dorong Ekosistem Reka Cipta

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Kemendikbud Galang Kolaborasi Dorong Ekosistem Reka Cipta

Mi/Andry Widiyanto
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan terus mendorong kolaborasi dunia industri dan perguruan tinggi untuk menumbuhkan ekosistem reka cipta yang bisa menjadi bagian dari penguatan ekonomi nasional kedepannya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengatakan, dengan kolaborasi tersebut, kampus diharapkan juga bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional pascacovid-19.

“The power of campus harus menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19,” kata Nizam di sela penandatanganan nota kesepahaman melalui virtual conference antara Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada ( UGM) dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia, Rabu (19/8).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan agenda tak terpisahkan upaya membangun kolaborasi serta mendorong pembangunan ekosistem reka cipta antara peran dunia industri dalam menumbuhkan reka cipta di perguruan tinggi.

Nizam meyakini jika kolaborasi ini dapat terwujud, maka akan membawa kebermanfaatan, ibarat mata air yang terus mengalir dan berguna bagi perekonomian masyarakat kecil di pedesaan.

Lebih dari itu, akan membawa pada kedaulatan teknologi melalui karya reka cipta perguruan tinggi. “Dengan semangat kampus merdeka, perguruan tinggi juga akan lebih banyak melahirkan lagi para enterpreneur muda yang dapat bekerja sama dalam pengembangan reka cipta di masa yang akan datang,” ujar Nizam.

Rektor ITS Mochammad Ashari mengapresiasi dorongan Ditjen Dikti Kemendikbud dalam mendukung pengembangan reka cipta perguruan tinggi. ITS saat ini tengah menggagas pengembangan Science Techno Park yang melakukan program mencakup empat cluster yakni otomatif, robotik, maritim, dan desain kreatif.

Baca juga : Danamart Kucurkan Dana untuk Bantu Sekolah Hadapi New Normal

“Sebagai contoh kami baru saja meluncurkan Intelligent Car (i-Car) dan Robot Medical Assistant ITS-Unair (RAISA),” ujarnya.

Senada, Rektor UGm Panut Mulyono menyambut baik upaya kolaborasi bersama industri ini. Dengan konsep merdeka belajar: kampus merdeka, maka keterlibatan civitas akademika perguruan tinggi pada proses hilirisasi reka cipta dapat berjalan dengan baik. Misalnya menjadikan berbagai persoalan di bidang industri sebagai best practice atau bahan ajar di perguruan tinggi.

“Harapannya setiap produk reka cipta dapat cepat menghilir dengan adanya kerjasama ini,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia Reiza Treistanto mengaku optimistis terhadfap prospek kerja sama tersebut. PT KMWI merupakan bagian dari perusahaan Astra Internasional yang berdiri sejak tahun 2018. Produk Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AmmDes) didedikasikan secara khusus bagi masyarakat pedesaan.

“Melalui kolaborasi bersama perguruan tinggi, semoga dapat membawa keberlanjutan dan penyempurnaan terhadap AmmDes,” jelasnya.

Turut hadir dalam penandtaangan MoU tersebut, Sesditjen Dikti Kemendikbud Paristiyanti Nurwardhani, Kepala Subbagian Tata Usaha Ditjen Dikti Didi Rustam, serta Tim Kerja Akselerasi Reka cipta Indonesia Ditjen Dikti Kemendikbud yakni Achmad Aditya, M.Setiawan, Ade Kadarisman, Mahir Bayasut, dan Willy Sakareza. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Idul Fitri bukan Sekadar Hari Kemenangan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 01:05 WIB
Dengan kemajuan teknologi saat ini, masyarakat tetap dapat berkomunikasi dan menjalin silaturahim, saling berbagi rezeki dan makanan, meski...
Dok. Perpusnas

Penguatan Literasi Perlu Didukung dari Hulu hingga Hilir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 23:43 WIB
Perpusnas adalah salah satu lembaga negara yang paling siap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karena sejak 2015, Perpusnas sudah memulai...
Antara/Muhamamd Iqbal

Kimia Farma Terus Matangkan Persiapan Vaksinasi Gotong Royong

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 22:24 WIB
Vaksinasi Gotong Royong merupakan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tempat Wisata Tetap Pilihan Utama

LIBUR Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya