Senin 20 Juli 2020, 22:04 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Dibubarkan, Diganti Satgas di Bawah Komite

Dhika Kusuma winata | Humaniora
Gugus Tugas Covid-19 Dibubarkan, Diganti Satgas di Bawah Komite

Antara
Ilustrasi

 

PRESIDEN Joko Widodo membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pembentukan komite itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 yang telah diteken Jokowi, Senin (20/7).

Dalam Perpres itu, Jokowi juga membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat pusat serta daerah kemudian menggantinya dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 

Adapun posisi Ketua Satgas masih akan diisi Kepala BNPB Doni Monardo. Posisi Satgas akan berada di bawah Komite yang diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Gugus Tugas di tingkat pusat dan daerah masih tetap melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenangnya sampai dengan keanggotaan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di tingkat pusat dan daerah dibentuk sesuai ketentuan Perpres No 82/2020.

"Sejak dibentuk dan ditetapkannya keanggotaan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah, Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah dibubarkan," demikian bunyi Pasal 20 ayat 2 Perpres No 82/2020.

Adapun susunan komite dalam Perpres tersebut diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Adapun wakilnya yakni Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Adapun Ketua Pelaksana pada komite tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam komite tersebut, di bawahnya terdapat Satgas Penanganan Covid-19 yang diketuai Kepala BNPB Doni Monardo. Kemudian, terdapat juga Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional yang diketuai Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. (OL-8).

Baca Juga

health.harvard.edu

Kenali Makanan Ramah Lambung yang Sehat untuk Berpuasa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:55 WIB
Penderita penyakit asam lambung yang berpuasa sebaiknya memilih makanan yang ramah untuk lambung, misalnya rebusan sayur atau makanan manis...
Antara

Silicon Valley Indonesia Diperluas Hingga Cibadak

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:51 WIB
Pembangunan  Silicon Valley ala Indonesia akhirnya terwujud di kawasan ekonomi khusus (KEK) Kecamatan Cikidang yang diperluas hingga...
Dok Caritas

BaNTTu Flobamora Konser Virtual Diaspora Katolik Sedunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:35 WIB
Diaspora Indonesia dengan bahu-membahu tampil ke depan mengambil aksi peduli dan kasih untuk NTT dalam bentuk Charity Live-streaming...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya