Rabu 27 Mei 2020, 06:35 WIB

Memaknai Lebaran di Tengah Pandemi

SUMARYANTO BRONTO | Humaniora
Memaknai Lebaran di Tengah Pandemi

MI/SUMARYANTO BRONTO
Mereka memilih untuk melaksanakan salat Id di atap indekos mereka dengan menjaga jarak dan tetap mengenakan masker.

 

KUMANDANG takbir bergema di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (24/5). Biasanya umat muslim akan berbondong-bondong menuju masjid dan lapangan untuk mengikuti salat Id berjemaah.

Sayangnya tahun ini perayaan hari kemenangan Idul Fitri harus berbeda. Tidak ada lagi keramaian di masjid. Umat muslim pun harus salat di rumah. Tidak terkecuali enam orang umat muslim penghuni indekos di Pasar Baru ini.

Mereka memilih untuk melaksanakan salat Id di atap indekos mereka dengan menjaga jarak dan tetap mengenakan masker. Cara itu mereka pilih sesuai anjuran dari pemerintah dan alim ulama untuk salat di rumah saat pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, tradisi mudik juga berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila tahun lalu pintu tol dan pelabuhan penyebarangan yang biasanya selalu penuh dengan hiruk-pikuk pemudik, kini tampak lenggang. Data menunjukkan ada penurunan arus kendaraan keluar Jakarta sebanyak 59% jika dibandingkan dengan periode mudik yang sama pada 2019.

Pemerintah pun meminta masyarakat untuk tidak mudik dan melakukan silaturahim virtual. Langkah ini perlu dilakukan sebagai upaya bersama menekan penyebaran virus korona baru.

Sayangnya, masih banyak warga yang ngeyel dan memanfaatkan setiap celah untuk tetap pulang berlebaran ke kampung halaman. Sesugguhnya perayaan Lebaran di rumah secara sederhana tidak akan mengurangi esensi dari hari kemenangan itu sendiri. Menahan diri untuk tidak mudik dan tetap menjalin silatuhrahim secara virtual merupakan langkah bijak di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga

Ilustrasi

Lawan Perubahan Iklim, Indonesia Butuh Rp3.500 Triliun

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:10 WIB
anggaran pendanaan yang ada di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diakui tak akan mampu menopang pembiayaan agenda...
Ist

Sumpah Pemuda Momentum Kaum Muda Perkuat Kontribusi Untuk Bangsa

👤Widhoroso 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:01 WIB
PERINGATAN Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi kaum muda untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan...
Antara

Luhut Bahas Kesiapan RI Atasi Perubahan Iklim Bersama Tony Blair

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 22:47 WIB
Isu ini akan diangkat dalam Konferensi Internasional tentang Perubahan Iklim atau Conference of the...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya