Selasa 17 Desember 2019, 19:32 WIB

Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Indriyani Astuti | Humaniora
Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Antara
Awan gelap menyelimuti langit Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat mewaspadai banjir dan longsor.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya peningkatan curah hujan pada Desember 2019 hingga Maret 2020. Oleh karena itu, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai bersiap-siaga dan dan memitigasi bencana, terutama bencana  hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Kepala BNPB Doni Munardo mengatakan bahwa seluruh perwakilan dari provinsi, unsur TNI, polri, dan kementerian/lembaga terkait sudah bersiap menindaklanjuti pemberitahuan dari BMKG tentang cuaca ekstrem yang dapat terjadi. Pemerintah, ujarnya, dibantu TNI dan Polri menyusun kesiapsiagaan di seluruh provinsi, berupa kesiapan personel, dukungan alat perlengkapan, logistik, medis, dan hal lain yang berhubungan dengan penyelamatan dan pengungsian.

BNPB, ujar Doni, juga mengimbau pada masyarakat meningkatkan kewaspadaan potensi bencana hidrometeorologi yang terjadi ketika curah hujan tinggi, seperti menghindari risiko ancaman banjir terutama daerah di sepanjang aliran sungai, menjauhi daerah yang lokasinya berada dekat dengan perbukitan karena berisiko terjadi longsor. 
Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat memangkas cabang dan ranting pohon sehingga ketika ada angin kencang, tidak rubuh atau menimpa sekitarnya.

"Kami juga mengecek dan memeriksa anak-anak sungai melibatkan para relawan dan penggiat lingkungan, apakah aliran air menuju ke hulu terhambat. Apabila ada sumbatan yang membuat anak sungai terbendung, bebannya tidak kuat, dia akan jebol dan mengakibatkan banjir bandang," terang Doni.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo menambahkan puncak curah hujan pada Desember 2019, diperkirakan terjadi wilayah yang berada di atas garis khatulistiwa yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan sebagian wilayah Papua. Sedangkan puncak curah hujan di Jawa diprediksi terjadi pada Februari. (A-1)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Kepala LIPI: Kontribusi Swasta pada Riset Indonesia Masih Rendah

👤Humaniora 🕔Kamis 28 Januari 2021, 13:00 WIB
Berdasarkan standar Unesco, tanggung jawab pemerintah untuk mengalokasikan belanja litbang nasional sudah tercapai, yaitu 1%...
DOK UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Wujudkan Mimpimu di Prodi Gizi Esa Unggul, Terakreditasi A Loh!

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:13 WIB
Di UEU sendiri Jurusan Ilmu Gizi memiliki 6 konsentrasi dan...
ANTARA/Zabur Karuru

PMI Yogyakarta Dorong Penyintas Korona Donor Plasma Konvalesen

👤Humaniora 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:00 WIB
Selama satu pekan tercatat 50 penyintas covid-19 sebagai calon pendonor plasma konvalesen yang datang ke PMI Kota Yogyakarta namun baru 15...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya