Kamis 12 September 2019, 13:55 WIB

Cerita Habibie Salat di Gereja Saat Studi di Jerman

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Cerita Habibie Salat di Gereja Saat Studi di Jerman

ANTARA/HADIYANTO
Presiden BJ Habibie dan Ibu Hasri Ainun Habibie melambaikan tangan kepada para anggota DPR/MPR RI yang baru dilantik, 1 Oktober 1999

 

BANYAK kenangan yang dibagikan BJ Habibie saat dia mengenyam pendidikan di Jerman. Selama 1955-1973, berada di Jerman, putra pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo itu berkisah tentang pengalamannya harus menepi ke gereja, khususnya saat-saat dia sangat ingat kedua orangtuanya di Tanah Air.

Ditemani alunan musik gereja dan kicauan burung gereja, Rudi Habibie, panggilan akrab dia saat itu, berdoa dengan cara Islam di dalam gereja.

"Di sana (Jerman), tidak ada masjid atau pun musala karena mayoritas warga di sana beragama Katolik. Sehingga sangat sulit bagi saya  menemukan tempat beribadah dan mengadu kepada Tuhan," kata Habibie melalui video singkat yang viral di media sosial, Kamis (12/9).

Habibie muda berkisah, ia yang ingin sekali menenangkan diri dan ingin mengadu kepada Tuhan terutama saat kerinduannya membuncah pada kedua orangtuanya di tanah air, akhirnya nekat masuk ke dalam Gereja.

Baca juga: Kenangan Anies, Dipanggil Habibie Soal Reklamasi

"Saya akhirnya ke gereja lalu saya berkata, 'Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, gedung ini dibuat oleh manusia yang mencintai-Mu dan saya juga mencintai-Mu. Perkenankan saya untuk masuk dan berdoa dengan cara saya sendiri. Saya ingin berdoa untuk keluarga dan bangsa saya yang saya tinggalkan di Indonesia,” kata Habibie.

Kemudian, dia memutuskan masuk ke dalam gedung gereja itu dan memilih untuk berdiri di bangku barisan belakang gereja dekat tempat pembakaran lilin.

"Ada alunan musik gereja. Dan saya akhirnya menunaikan salat di gereja," kenang dia.

Presiden RI ke-3 tersebut, Rabu (11/9), telah berpulang di usianya yang ke-83 menemui Tuhan yang selalu dia rindukan. Selamat Jalan Guru Bangsa yang selalu menginspirasi. (OL-2)

Baca Juga

Ist/DPR

Puan Minta Pencabutan PPKM Harus Miliki Strategi Matang

👤 Sri Utami 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:18 WIB
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah memertimbangkan rencana pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat...
MI/ADAM DWI

Jamaah Calon Haji di atas 65 Tahun yang Tidak Bisa Berangkat Jangan Tarik Setoran Awal

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:16 WIB
Karena masih ada harapan tahun depan penyelenggaraan haji bisa kembali normal tanpa ada batasan...
Antara

Jokowi: Perlu Komitmen Global untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 14:14 WIB
Sebagai tuan rumah GPDRR 2022, Indonesia siap berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai mitigasi bencana, sekaligus belajar dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya