Kamis 27 Juni 2019, 13:00 WIB

CFCD Gelar Pelatihan Dasar CSR ke-69 di Bogor

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
CFCD Gelar Pelatihan Dasar CSR ke-69 di Bogor

Dok.CFCD
Pelatihan dasar CSR yang digelar CFCD di Bogor

 

UPAYA meningkatkan kualitas perusahaan dalam lingkup tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terus dilakukan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). Salah satu caranya dengan menggelar pelatihan.

Terbaru, CFCD menggelar pelatihan dasar bertajuk the new paradigm training community development for corporate social responsibility yang melibatkan 16 perusahaan yang bergerak dibidang energi listrik, tambang batu bara, tambang emas serta konsultan pemberdayaan masyarakat.

Training yang sudah memasuki angkatan ke-69 itu diikuti oleh 23 peserta dari 16 perusahaan itu diselenggarakan di Bogor, Jawa Barat, 25-27 Juni. Salah satu peserta, Silvyna Aditia dari divisi community involvement & development PT Borneo Indobara (PT BIB) mengaku antusias dengan pelatihan tersebut.

Menurutnya, pelatihan itu dapat meningkatkan kompetensi bagi para praktisi CSR dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya dengan membawa nama baik perusahaan.

Baca juga : Gelar SDGs Award 2019, CFCD Targetkan Diikuti 65 Perusahaan

"Sebagai pemula dibidang CSR semenjak Januari 2019 lalu yang dituntut untuk dapat mengembangkan dan memberdayakan masyarakat di sekitar operasional perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu bara di wilayah Kalimantan Selatan, pelatihan dasar yang baru pertama kalinya diikuti sangat berguna," kata Silvyna.

Pelatihan dasar yang diselenggarakan juga dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke PT. Antam Tbk UBPE di wilayah Pongkor, Jawa Barat. Dari hasil pelatihan diharapkan peserta bisa menerapkan 8 pilar PPM.

Ke-8 pilar itu antara lain pendidikan, kesehatan, infrastruktur penunjang PPM, kemandirian ekonomi, pengembangan sosial budaya dan lingkungan serta pengembangan kelembagaan di 17 desa yang berada di ring 1 tempat perusahaannya beroperasional dapat lebih dioptimalkan.

"Dengan mendapatkan materi pelatihan dasar berupa metode analisa serta bagaimana cara mengelola stakeholder perusahaan, Saya akan mengaplikasikan materi pelatihan dasar yang diterima agar kinerja perusahaannya dibidang CSR kian bertambah baik," ujar Silvyna.

Adapun 16 perusahaan yang mengikuti pelatihan dasar yang dipusatkan di IPB International Convention Centre Bogor Jawa Barat tersebut meliputi PT Indonesia Power UP Bali, PT Borneo Indobara, PT Multi Tambangjaya Utama, PT Bukit Makmur Mandiri Utama-HO, PT Cipta Forum Cipta Daya, PT Bukit Makmur Mandiri Utama-Site Kideco, PT Indonesia Power UP Pangkalan Susu, PT Arutmin Indonesia.

Selain itu beberapa perusahaan lainnya yang turut mengirimkan wakilnya untuk mengikuti basic training meliputi PT Indonesia Power UPJP Priok, PT Cibaliung Sumber Daya, PT Suprabari Mapanindo Mineral, PT Kitadin, PT Mifa Bersaudara, PT Bhimasena Power Indonesia, PT Indonesia - Power Priok serta PT PJB UBJOM PLTU Indramayu. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/ Abdillah m Marzuqi

YAICI dan PP Aisyiyah Edukasi Pangan Bergizi di Bantargebang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:35 WIB
Selain edukasi, juga ada demo pengolahan pangan bergizi dan...
MI/ Depi Gunawan

Bima Arya: Lonjakan Kasus Covid-19 di Bogor Sudah Dipredikai

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:17 WIB
Bima menyatakan pihaknya sudah melakukan semua hal yang bisa dilakukan sebagai langkah...
Dok Setwapres

Wapres Borong Hasil Laut di Pulau Cangkir

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 22:50 WIB
Beberapa hasil laut yang dibeli Wapres antara lain bandeng, kakap merah, cumi-cumi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya