Rabu 27 Maret 2019, 09:12 WIB

Masih 67 Peluru Bersarang di Tubuh Orang Utan Hope

MI | Humaniora
Masih 67 Peluru Bersarang di Tubuh Orang Utan Hope

BKSDA
Orang Utan Hope Dievakuasi dengan 74 butir peluru senapan angin di tubuhnya

 

KONDISI orang utan sumatra (Pongo abelii) Hope dengan 74 peluru senapan angin di tubuhnya kini membaik. Tujuh butir peluru dikeluarkan dari tubuhnya.

Setelah menjalani operasi tulang, Hope kini sudah bisa makan dan minum rutin serta banyak bergerak.

“Tangan kiri sudah banyak digunakan kembali. Hanya tinggal perawatan luka yang terkena benda tajam,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo dihubungi dari Jakarta, kemarin.

Hope bersama anaknya yang berumur satu bulan dievakuasi BKSDA Aceh dari kebun warga di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh, Minggu (10/3). Dalam penyelamatan itu, anak Hope tidak bisa tertolong dan tewas karena kondisinya terlalu lemah.

Dua pekan setelah penyelamatan itu, baru tujuh peluru yang dikeluarkan dari tubuh Hope. Operasi lanjutan akan menunggu kondisinya lebih baik selama beberapa hari ke depan.

Dari peristiwa itu, BKSDA Aceh meminta masyarakat untuk tidak menggunakan senapan angin selain untuk kegiatan berburu. Pihaknya bersama Polda Aceh kini menggencarkan sosialisasi pelarangan tersebut.

Mengutip Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2012 masyarakat dilarang menggunakan senapan angin untuk berburu. Terkait dengan penanganan hukum kasus Hope, saat ini tengah ditangani Polda Aceh.

Baca Juga: Orang Utan Hope Jalani Operasi Tulang

Tertembaknya Hope dan kematian anaknya memunculkan petisi daring di laman change.org. Petisi itu ditujukan kepada Presiden Joko Widodo yang diminta untuk mengusut tuntas dan memberi tindakan tegas pada penembak Hope serta menertibkan penggunaan senjata angin.

Hingga Selasa (26/3) sore pukul 18.00 WIB, petisi ditandatangani lebih dari 58 ribu orang.

Dikutip dari Instagram, kemalangan Hope juga memunculkan aksi penggalangan dana bagi orang utan, seperti yang dilakukan aktris Nathalie Boltt, 45. (Dhk/H-3)

Baca Juga

Dok Breaking Barriers Initiative.

WM Mann Foundation Berikan Beasiswa untuk Penyutradaraan Teater di Skotlandia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:40 WIB
Hari ini pelaku seni teater Indonesia bisa bergembira dengan hadirnya Breaking Barriers Initiative atau ‘Inisiatif Mendobrak...
MI/ARDI

Tim Ahli Sebut IKN akan Jadi Kota Cerdas Berkelanjutan

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:38 WIB
IKN di Kaltim diharapkan mengubah paradigma pembangunan dari Jawa sentris menjadi Indonesia...
MGN/Marianus Marselus

KLHK: Kenaikan Tiket TN Komodo untuk Kepentingan Konservasi dan Pendapatan Daerah

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 17:35 WIB
Kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo menjadi Rp3,75 juta perorang dalam waktu satu tahun menuai banyak komentar dari berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya