Selasa 21 September 2021, 11:09 WIB

Gemah Ripah Loh Symphony, Akulturasikan Hip Hop dengan Orkestra

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Gemah Ripah Loh Symphony, Akulturasikan Hip Hop dengan Orkestra

ANTARA/HO/FLAVS 2021
Penampilan dalam Gemah Ripah Loh Symphony yang dihelat secara daring pada Jumat (17/9).

 

GEMAH Ripah Loh Symphony menjadi medium dua genre musik yang berbeda yaitu hip hop dan orkestra yang diakulturasikan menjadi penampilan pemanasan untuk FLAVS 2021.

FLAVS merupakan festival musik hip hop, soul, dan R&B terbesar di Indonesia yang menjadi wadah berkumpulnya para musisi dari beragam genre tersebut.

Hadirnya Gemah Ripah Loh Symphony menyajikan pertunjukan musik hip hop dibalut dengan musik orkestra dan dipadukan dengan penampilan teatrikal yang dilakukan oleh para penampil asal Yogyakarta.

Baca juga: BTS Berpidato di Sidang Majelis Umum PBB, Ini Pesannya

Dalam siaran persnya, Selasa (21/9), proyek itu merupakan hasil kolaborasi dengan Symphony From Hell, yang termasuk bagian komunitas HellHouse Records asal Yogyakarta.

Dipimpin oleh Alexander Sinaga, pertunjukan yang disiarkan secara virtual itu menjadi catatan penting dalam perjalanan musik akulturasi budaya di Kota Pelajar itu.

Pertunjukan ini berkonsep mengaransemen ulang lagu para musisi penampil dalam serangkaian set panggung teatrikal dengan berbagai visual dan simbolisasi identitas kota Yogya.

Para musisi yang tampil di antaranya Ki Catur Benyek, Wayang Hip Hop, Mario Zwinkle, D.P.M.B, Uncle T, Xaqhala, Nilly Menda, GNTZ, Jahanam feat. SIlir Wangi, Jogja Hip Hop Foundation, dan Reagina Maria (Riri Everyday).

Turut menghadirkan juga personel orkestra berjumlah 25 orang yang membawa instrumen brass, string, dan combo band.

Sebagai bagian dari pemanasan FLAVS 2021, konser musik virtual itu berhasil menyatukan dua genre musik yang saling bertentangan sehingga memperluas persepsi dari kedua genre tersebut.

Menciptakan karya baru dengan penggabungan melodi musik orkestra klasik yang rumit berjiwa ritmis bergabung dengan puisi hip hop yang tegas. 

Dengan keberhasilan Gemah Ripah Loh Symphony, FLAVS 2021 yang akan dihelat pada akhir Oktober 2021 semakin siap digelar. (Ant/OL-1)

Baca Juga

 Super Media Pictures

Syuting Film Roh Mati Paksa, Gabriella Larasati Diganggu Makhluk Halus

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 15:46 WIB
Selama syuting film dilakukan selama 10 hari, dara berusia 22 tahun itu merasa selalu deg-degan dan khawatir jika benar-benar bertemu...
Instagram @weird.genius

Weird Genius Jadi Duta Kampanye Epic Music Awesome Gaming Resso

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 13:51 WIB
Weird Genius, grup yang beraliran EDM (electronic dance music) dan synth-pop, didapuk menjadi duta kampanye "Epic Music Awesome...
Instagram @weird.genius

Weird Genius Jadi Duta Kampanye Epic Music Awesome Gaming Resso

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:40 WIB
Menurut grup musik yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwarna, dan Gerald Liu itu, musik tidak dapat dipisahkan dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya