Selasa 17 Januari 2023, 15:56 WIB

Pengertian Reklame Embalase Fungsi dan Contoh

Meilani Teniwut | Ekonomi
Pengertian Reklame Embalase Fungsi dan Contoh

DOK MI.
Ilustrasi.

 


PERNAHKAH kalian memperhatikan bungkus kemasan makanan atau minuman? Nah bungkus kemasan makanan atau minuman tersebut disebut embalase.

Embalase dibuat untuk menarik perhatian calon konsumen agar tertarik membeli produk yang dijual. Tak jarang embalase, selain bergantung pada desain, logo, nama, warna, atau tagline, juga bergantung dengan keunggulan produk yang akan menjadi sumber informasi pada kemasan. 

Simak berikut penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan contoh dari embalase.

Pengertian emblase

Embalase ialah reklame visual yang memiliki fungsi untuk mempromosikan produk agar bisa menarik perhatian konsumen. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian embalase adalah bahan yang digunakan untuk pengemasan dan pengepakan barang.

Embalase terdapat pada kemasan produk yang diperdagangkan. Terdapat tulisan atau pesan-pesan grafis yang dibuat untuk menarik minat konsumen untuk membeli. 

Tulisan yang ada dalam embalase biasanya memuat tagline, informasi produk, atau identitas produk. Selain tulisan, terdapat gambar menarik yang dikemas di produk.

Jenis reklame visual atau embalase hanya bisa ditemui di kemasan produk makanan, kosmetik, minuman, dan sebagainya. Dilansir dari situs Kemendikbud, embalase memiliki dua fungsi ganda yakni daya tarik konsumen terhadap produk dan pembungkus produk.

Fungsi reklame embalase

1. Pembungkus produk.

Salah satu fungsi embalase ialah pembungkus produk. Memang embalase menutupi isi pada produk.

2. Pelindung produk.

Embalase juga memiliki fungsi sebagai pelindung suatu produk. Contohnya, produk makanan instan yang memerlukan kemasan berbahan tebal agar isi produk terlindungi dan tidak tercemar dari bahan embalase.

Daya tarik konsumen

Embalase juga berfungsi sebagai media promosi yang bertujuan menarik konsumen dengan kemasan produk dengan desain semenarik mungkin.
Desain menarik itu dari segi warna, tagline, ilustrasi, hingga merek produk. Hal itu bertujuan agar konsumen tertarik dengan embalase yang dipajang.

Informasi untuk konsumen

Selain itu, embalase berfungsi sebagai informasi bagi konsumen. Lantaran embalase berisi tulisan tentang tagline, identitas produk, informasi produk, dan komposisi. Tulisan itu yang memudahkan konsumen untuk membeli suatu produk. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Kemenaker

Pengawas Ketenagakerjaan Cegah Keberangkatan 87 Calon PMI Non-Prosedural

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:31 WIB
Sidak Pengawas Ketenagakerjaan berhasil menggagalkan upaya penempatan 87 Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan ditempatkan...
MANDEL NGAN / AFP

Google dan Meta Lakukan PHK Massal Capai 23 Ribu Karyawan

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:50 WIB
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan Google mencapai 12 ribu karyawannya dan Meta mencapai 11 ribu...
Ist

Melalui Roadshow, BukuWarung Terus Tingkatkan Digitalisasi UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:13 WIB
Roadshow yang digelar di Kota Jakarta ini juga merupakan acara flagship pertama dari 241 pertemuan Kopi Darat (KopDar) merchant di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya